Senin, 27 Mei 2024

Pemkab Bekasi Imbau Warga Waspada Kebakaran di Musim Kemarau

PEMERINTAHAN   May 4, 2023  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 1.137 Kali


id7149_Compress_20230504_183343_3521.jpg
Ilustrasi petugas Damkar Kabupaten Bekasi. Foto: Wulan MY/Newsroom Diskominfosantik

CIKARANG PUSAT – Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap kebakaran, khususnya di musim kemarau. 

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk waspada terhadap bencana kebakaran. Dari mulai warga yang berada di bangunan sederhana sampai pada bangunan yang lantai dua, agar waspada di musim panas saat ini,” kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bekasi, Hasan Basri, pada Kamis (4/5/2023).

Selain itu, kebun kosong dengan banyaknya rumput kering di wilayah Kabupaten Bekasi juga tidak luput dari pantauan. Hasan mengatakan, rerumputan atau ilalang kering sangat mudah terbakar di musim panas saat ini. 

Maka, kata dia, untuk mencegah kebakaran, kepada warga masyarakat agar tidak sembarangan membuang benda panas yang memicu api di lahan kering.

“Itu yang kami sampaikan juga pada pihak desa, kelurahan dan kecamatan. Agar warga tidak sembarangan membuang puntung rokok dan tetap waspada," imbuhnya.

Menurutnya kesiapan masyarakat menghadapi kemarau sangatlah penting. Terutama yang menempati rumah- rumah yang minim pengawasan. Warga juga diminta untuk mengecek instalasi listrik, kabel, juga alat elektronik yang dimiliki.  

“Kabel atau alat jaringan listrik harus diperiksa, kabel yang sudah lama atau tua agar dicek. Menghindari korsleting yang berakibat pada kebakaran,” imbuhnya. 

Dia menuturkan, Damkar Kabupaten Bekasi rutin melakukan sosialisasi dan menyebarkan surat edaran ke berbagai perusahaan hingga ke tingkat desa. 

Damkar Kabupaten Bekasi juga menyiagakan tim di 10 Posko Pemadam Kebakaran selama 24 jam, di antaranya di Tarumajaya, Metland Tambun Selatan, Cikarang Barat, Cikarang Timur dan Cikarang Selatan. 

"Kami siaga piket 24 jam di tiap pletonnya. Ketika terjadi kebakaran atau ada informasi dari masyarakat, kami akan siap meluncur ke TKP,” tandasnya. 

Reporter : Dani Moses

Editor      : Yus Ismail

 

Berita Lainnya

Pelantikan 561 PPS, Dani Ramdan Tekankan Profesionalitas Kerja dan Jaga Marwah Pilkada 2024
PEMERINTAHAN   May 26, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Dorong Kesejahteraan Petani dan UMKM, Dani Ramdan Sambut Antusias Acara Pasar Pasisian Leuweung
PEMERINTAHAN   May 26, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Bey Macmudin Serahkan SK Perpanjangan Pj Bupati Bekasi kepada Dani Ramdan
PEMERINTAHAN   May 23, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Atasi Stunting, Dani Ramdan : Optimalkan Peran Serta Pentahelix di Kabupaten Bekasi
PEMERINTAHAN   May 22, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Cegah Stunting, Puskesmas Pebayuran Siapkan Inovasi Unggulan Sambel Lada
PEMERINTAHAN   May 22, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik