Kamis, 18 Agustus 2022

Pemkab Bekasi Dorong BBWM Kembangkan Energi Listrik Tenaga Surya

PEMERINTAHAN   Jun 28, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 2.746 Kali


id5062_Compress_20220628_060606_6758.jpg
Foto : Prokopim Pemkab Bekasi

BABELAN - Pj. Bupati Bekasi Dani Ramdan, mendorong PT. Bina Bangun Wibawa Mukti (BBWM) untuk memiliki diversifikasi usaha pada bidang energi terbarukan. Salah satunya adalah listrik tenaga surya. Hal ini dikarenakan Kabupaten Bekasi mampu menangkap sinyal panas matahari dari segala sisi untuk dimanfaatkan sebagai panel surya.

Dirinya menyampaikan hal tersebut pada kunjungan kerja ke Kilang LPG BBWM di Desa Kedung Pengawas, Kecamatan Babelan, pada Sabtu (25/6). 

Kehadiran Pj. Bupati diterima langsung oleh Direktur Utama PT BBWM, Prananto Sukodjatmoto, berserta jajaran.

Pada kesempatan tersebut, Dani juga menyampaikan apresiasi atas kinerja yang dilakukan oleh seluruh pegawai terhadap pembangunan dan pengelolaan BUMD milik Pemkab Bekasi itu. 

“Saya hari ini mengunjungi kilang gas, memang dari laporan awal bahwa dari sisi produksi tahun ke tahun mengalami penurunan karena cadangan gas yang mulai berkurang. Namun demikian, dengan berbagai upaya masih bisa bertahan atas kinerja PT. BBWM yang sudah cukup bagus," ucapnya. 

Ia menuturkan, sesuai dengan topik rakor migas yang pernah dilaksanakan, Pemkab Bekasi akan mendorong agar BBWM punya diversifikasi usaha di bidang energi terbarukan yaitu listrik tenaga surya. 

"Bekasi ini kan cukup berlimpah panas mataharinya, kemudian dari sisi permukaan untuk bisa kita menangkap tenaga surya yang akan kita transform teknologi atau arus listrik, kita punya hamparan kawasan industri, perkantoran dan rumah-rumah itu bisa kita manfaatkan untuk panel surya,” katanya.

Dani mengatakan, pihaknya akan mengkaji energi terbarukan tersebut dari daerah-daerah yang sudah mulai mengembangkan itu, yang nantinya pihak PT. BBWM juga harus menyampaikan proposal bisnis kepada Pemerintah Kabupaten Bekasi, agar dapat difasilitasi baik dengan modal yang dimiliki PT. BBWM maupun penyertaan modal kedepannya.

“Namun kita tetap harus melihat dulu daerah yang sudah mulai, nanti kita akan kaji dari situ. Saya juga sudah bicara dengan BBWM untuk menyampaikan proposal bisnisnya, jika dirasa baik akan kami bantu dorong dan fasilitasi, baik dengan modal yang dimiliki BBWM maupun kalau perlu penyertaan modal ke depan,” katanya.

Dirinya berharap agar PT. BBWM ke depan dapat berkontribusi dalam pemenuhan listrik. Dirinya menyebutkan, jika pemenuhan listrik dan air sudah mampu dikelola BUMD ini akan sangat sesuai seperti dicita-citakan oleh Kabupaten Bekasi.

“BBWM juga harus mampu memenuhi kebutuhan dasar listrik, paling tidak bisa memberikan kontribusi. Jadi kalau listrik dan air sudah bisa dikelola oleh BUMD notabennya kepanjangan tangannya Pemerintah Daerah, saya kira akan sangat ideal di Kabupaten Bekasi,” katanya. (Prokopim Pemkab Bekasi). 

 

Berita Lainnya

Meriah, Ratusan Peserta Ikuti Karnaval Kendaraan Hias dan Helaran Kecamatan
PEMERINTAHAN   Aug 17, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Camat Cibitung Minta Warga Berperan Dalam Pemulihan Ekonomi
PEMERINTAHAN   Aug 17, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Camat Bojongmangu Minta Masyarakat Berperan Membangun Kabupaten Bekasi
PEMERINTAHAN   Aug 17, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Camat Tamsel Berpesan Jangan Kotori Kemerdekaan dengan Egoisme Golongan
PEMERINTAHAN   Aug 17, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pj Bupati Dani Ramdan Serahkan SK Remisi Bagi Warga Binaan Lapas Cikarang
PEMERINTAHAN   Aug 17, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik