Sabtu, 29 Januari 2022

Pemkab Bekasi Akan Sosialisasikan Anjungan SIAPkerja di Kawasan Industri MM2100

PEMERINTAHAN   Jan 13, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 115 Kali


id3996_IMG_20220113_070741.jpg


CIKARANG BARAT - Pemerintah Kabupaten Bekasi akan mensosialisasikan pusat pelayanan terpadu ketenagakerjaan di Kawasan Industri MM2100. Anjungan Sistem Informasi dan Aplikasi Pelayanan Ketenagakerjaan (SIAPkerja) tersebut diresmikan langsung oleh Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Ida Fauziyah, pada Rabu, (12/01/2022).

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bekasi Suhup mengatakan, pihaknya akan mensosialisasikan kepada masyarakat atas hadirnya pusat pelayanan ketenagakerjaan di Kabupaten Bekasi itu. 

Suhup mengapresiasi pemerintah pusat dan Himpunan Kawasan Industri Indonesia maupun pihak lainnya, yang telah meresmikan untuk pertama kalinya layanan aplikasi ketenagakerjaan berbasis digital di Kabupaten Bekasi.

"Kami sangat mengapresiasi bahwa ini merupakan yang pertama kali di Indonesia yang diresmikan oleh Kementerian Ketenagakerjaan, yang nantinya akan menyusul di 9 kabupaten/kota lainnya," ujarnya.

Dengan adanya pusat pelayanan anjungan SIAPkerja ini diharapkan agar dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat Kabupaten Bekasi, dan bisa memberi kemudahan terhadap pengusaha maupun para pencari kerja.

"Anjungan SIAPkerja yang ada di Kawasan Industri MM2100 ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Kabupaten Bekasi, yang di dalamnya memuat tentang permasalahan dan peluang yang berkaitan dengan ketenagakerjaan," ujarnya.

Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah mengatakan SIAPkerja merupakan sebuah inovasi pelayanan berbasis digital yang dikembangkan untuk menyediakan pelayanan ketenagakerjaan secara menyeluruh dan terintegrasi. 

Selain itu anjungan SIAPkerja bertujuan untuk mendekatkan pelayanan ketenagakerjaan kepada stakeholder di kawasan Industri dan kawasan ekonomi khusus.

"Seluruh pelayanan SIAPkerja dapat terhubung secara digital, sehingga tidak diperlukan untuk datang langsung ke kantor Kementerian Ketenagakerjaan, namun bisa datang ke pusat pelayanan anjungan SIAPkerja ini," terangnya.

Ida menyebutkan, hadirnya pusat anjungan SIAPkerja ini untuk memberikan layanan yang lebih dekat lebih mudah, baik kepada masyarakat secara umum maupun para pelaku usaha dan industri.

"SIAPkerja merupakan penyempurnaan dari sistem informasi ketenagakerjaan atau SISNAKER. Terdapat empat fitur untuk mempermudah pelayanan ketenagakerjaan diantaranya Skillhub, Sertifikasi, Karirhub dan Bizhub," jelasnya.

Reporter : Endar Raziq

Editor      : Yus Ismail

Berita Lainnya

Plt. Bupati Bekasi Akhmad Marjuki Hadiri Muskab KORPRI Tahun 2022
PEMERINTAHAN   Jan 28, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Kecamatan Sukatani Mulai Inventarisir Usulan Musrenbang Desa
PEMERINTAHAN   Jan 27, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Plt. Bupati Bekasi Hadiri Muswil XI Pemuda Pancasila Jawa Barat
PEMERINTAHAN   Jan 27, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
BPN Kabupaten Bekasi Gelar Penyuluhan PTSL di Desa Karanganyar
PEMERINTAHAN   Jan 26, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemerintah Kecamatan Cibarusah Dukung Desa Terapkan Digitalisasi Pengelolaan Keuangan
PEMERINTAHAN   Jan 26, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik