Sabtu, 27 November 2021

Pemkab Bekasi akan Buat Sumur Bor untuk Atasi Kekeringan di Sukawangi

PEMERINTAHAN   Sep 21, 2021  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 2.291 Kali


71IMG_20210921_224009.jpg


SUKAWANGI – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bekasi, Herman Hanapi mendampingi kunjungan anggota Komisi 1 DPRD Jawa Barat, Syahrir ke Kampung Kedungringin, Desa Sukaringin, Kecamatan Sukawangi, Kabupaten Bekasi, yang mengalami kekeringan, pada Selasa (21/09/2021).

Sekda Kabupaten Bekasi, Herman Hanapi mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bekasi akan membuatkan sumur bor untuk solusi alternatif sementara agar masyarakat tidak kesulitan mendapatkan air bersih.

"Pemerintah jelas sangat peduli terhadap kekeringan yang ada di wilayah Kabupaten Bekasi. Karena itu kita akan membuatkan sumur bor, namun perlu ada kajian untuk mengetahui layaknya berapa meter kedalaman sumur bor, agar airnya bisa dikonsumsi,”kata Herman Hanapi saat ditemui di lokasi.

Sambil menunggu kajian mengenai pembuatan sumur bor, Pemerintah Kabupaten Bekasi akan memberikan solusi sementara dengan memberikan program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) ke beberapa wilayah yang mengalami kekeringan.

"Dalam kondisi darurat seperti ini, kebutuhan masyarakat akan air bersih di beberapa wilayah yang mengalami kekeringan sangat diperlukan. Karena itu Pemerintah Kabupaten Bekasi akan menurunkan Pamsimas untuk terus kita jalankan. Nanti dari beberapa dinas atau mungkin beberapa kecamatan yang ada LO-nya di wilayah, mungkin bisa membantu kondisi masyarakat yang kekurangan air bersih," ujarnya.

Anggota Komisi 1 DPRD Jawa Barat, Syahrir mengatakan, tekait sumur bor pihaknya sudah menurunkan tim Geologi Jawa Barat untuk mengkaji beberapa hal. Karena sumur buatan warga sedalam 20 meter tak lagi mampu menghasilkan kualitas air yang layak untuk dikonsumsi.

"Dalam mengkaji hal tersebut, kita sudah turunkan ada dari Geologi Jawa Barat untuk melihat masukannya seperti apa, karena mengenai kedalaman 60 meter ataupun hal lainnya, perlu adanya studi kasus atau studi kelayakannya," ujarnya.

Syahrir menambahkan, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Bekasi terkait izin pengeboran dan yang lainnya secara resmi.

"Nanti kita coba fasilitasi semuanya. Untuk kebutuhan air bisa ditangani sebelum aliran sungainya normal, nanti kita buatkan dua sumur rencananya," kata dia.

Reporter : Ike Sopiah

Editor.    : Yus Ismail

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berita Lainnya

Warga Sindangmulya Ikuti Sosialisasi Obat dan Makanan dari BPOM Jabar
PEMERINTAHAN   Nov 26, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Sosialisasi Pelimpahan Sebagian Kewenangan Bupati kepada Camat
PEMERINTAHAN   Nov 25, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Plt Bupati Bekasi Hadiri Maulid Nabi dan Resmikan Masjid Al Fikri
PEMERINTAHAN   Nov 25, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemdes Pantai Bahagia Benahi Infrastruktur Lingkungan di Kampung Beting
PEMERINTAHAN   Nov 25, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
TP PKK Wanasari Berpeluang Raih Juara Tingkat Provinsi
PEMERINTAHAN   Nov 25, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik