Kamis, 18 Juli 2024

Patriot Desa Kabupaten Bekasi Bersama BBPVP Gelar Pelatihan Kewirausahaan

EKONOMI   May 30, 2024  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 395 Kali


id9785_Compress_20240530_200337_7259.jpg
Patriot Desa Kabupaten Bekasi bekerjasama dengan Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Bandung Barat membuka pelatihan berbasis kompetensi kewirausahaan di dua desa di Kecamatan Pebayuran.

PEBAYURAN - Patriot Desa Kabupaten Bekasi bekerjasama dengan Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Bandung Barat menggelar pelatihan berbasis kompetensi kewirausahaan yang diselenggarakan selama 15 hari.

Kegiatan yang secara resmi dibuka oleh Anggota DPR-RI, Obon Tabroni ini, diikuti sebanyak 32 orang yang terbagi di dua desa yakni Desa Karangharja serta Desa Karangreja Kecamatan Pebayuran.

Perwakilan Patriot Desa Kabupaten Bekasi, Linda Dayanti mengatakan, pelatihan berbasis kompetensi berfokus pada perikanan maupun unggas. Di dalamnya terdapat pembenihan ikan nila dan pembudidayaan burung puyuh.

Hal ini dilakukan, sambungnya, agar warga desa mampu menciptakan kemandirian dalam memanfaatkan potensi sumber daya yang ada sekaligus bisa mengurangi penggangguran di desa.

"Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan skill atau kemampuan teknis masyarakat dalam berwirausaha. Dengan adanya peningkatan kapasitas tersebut diharapkan bisa mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia khususnya warga desa," ujarnya pada Kamis, (30/05/2024).

Pelatihan ini, tambah dia, merupakan inisiatif dari Patriot Desa Kabupaten Bekasi yang melihat adanya potensi desa yang bisa digarap serta adanya keinginan masyarakat desa yang kuat.

"Ya, tentu program yang kita berikan didalamnya terdapat pelatihan yang komprehensif, baik secara teori maupun praktik di lapanga. Dengan demikian masyarakat yang telah mengikuti pelatihan ini nantinya, bisa langsung menerapkannya untuk berwirausaha," tambah dia.

Dengan adanya pelatihan tersebut, diharapkan mampu mendongkrak perekonomian warga desa, menggarap berbagai potensi yang ada di desa, serta menjadi sarana dalam mengurangi angka pengangguran.

"Kami berharap ini bisa menjadi sarana efektif untuk mengurangi pengangguran dan meningkatkan omset hasil usaha masyarakat desa," harapnya.

Reporter : Refki Maulana

Editor      : Yus Ismail

Berita Lainnya

Permudah Konektivitas Antar Kawasan, Pemkab Bekasi Sambut Baik Peresmian Tol Cimanggis-Cibitung
EKONOMI   Jul 9, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Tingkatkan Keterampilan, Warga Dua Desa di Kecamatan Pebayuran Ikuti Pelatihan Wirausaha
EKONOMI   Jun 25, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Berkat Gerobak Barokah Baznas, Kini Ibu Saniah Bisa Tingkatkan Omset Penjualan
EKONOMI   Jun 11, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Patriot Desa Kabupaten Bekasi Bersama BBPVP Gelar Pelatihan Kewirausahaan
EKONOMI   May 30, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Ini 8 Komitmen Pj Bupati Dani Ramdan Memajukan UMKM Kabupaten Bekasi
EKONOMI   May 20, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik