Minggu, 28 November 2021

Pahlawan Kebersihan Kabupaten Bekasi Upacara HUT RI di Tengah Lautan Sampah

PENDIDIKAN   Aug 17, 2021  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 1.833 Kali


18IMG-20210817-WA0144.jpg


TAMBUN SELATAN - Sejumlah petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 di tengah lautan sampah sekaligus menormalisasi arus air dari tumpukan sampah.

Upacara Detik-detik proklamasi itu dilaksanakan di aliran Kali Jambe yang berlokasi di Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi yang dinilai cocok menjadi tempat pengibaran bendera Merah Putih.

"Kebersihan merupakan salah satu buah dari kemerdekaan. Apalagi lokasi upacara ini persis di samping Jalan Tol Jakarta-Cikampek, jangan sampai terlihat ada sampah yang mengapung," kata Kabid Kebersihan pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi Khaerul Hamid di lokasi upacara, Selasa (17/08/21).

Upacara yang berlangsung sederhana itu juga diikuti sejumlah warga sekitar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat. Sang Merah Putih dikibarkan dari sebilah batang bambu sebagai tiangnya.

Para peserta upacara juga tidak menggunakan seragam upacara layaknya upacara peringatan melainkan hanya memakai pakaian kumal dengan topi caping sebagai penutup kepala namun tetap khidmat sambil mengumandangkan Lagu Indonesia Raya.

Dalam kesempatan itu Hamid mengajak masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan sebab menjaga kebersihan adalah salah satu cara menghargai perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan.

Pihaknya juga mengajak semua anggota dan warga setempat untuk berperan aktif memerangi sampah. 

"Warga juga dinilai, menjadi simbol pahlawan dalam memerangi lingkungan yang kurang bersih. Apalagi Kali Jambe merupakan sungai yang butuh perhatian dan kepedulian dari kita semua," katanya.

Menurut dia, detik-detik proklamasi ini sifatnya insidensial dalam artian semangat hari kemerdekaan ini bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk terus menjaga lingkungannya.

Hamid menjelaskan kebersihan Kali Jambe merupakan tanggung jawab seluruh lapisan masyarakat. Aliran sungai ini kerap berubah menjadi lautan sampah terlebih saat hujan deras melanda wilayahnya.

"Kami mengajak seluruh masyarakat untuk cinta terhadap lingkungan. Semoga momentum detik-detik proklamasi ini bisa menambah kesadaran serta tanggung jawab masyarakat dalam mengelola lingkungan menjadi bersih dan bebas dari sampah," kata dia.

Editor : Yus Ismail

 

Berita Lainnya

Plt. Bupati Ajak Anak Muda Berkontribusi Membangun Kabupaten Bekasi
PENDIDIKAN   Nov 27, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Hari Guru Nasional, Camat Sukatani Kunjungi Para Guru di SDN 01 Sukamanah
PENDIDIKAN   Nov 25, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Camat Bojongmangu Beri Surprise Tumpeng untuk PGRI
PENDIDIKAN   Nov 25, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Apresiasi Jasa Guru, Disdik Lepas Purna Bhakti Tenaga Pendidik
PENDIDIKAN   Nov 23, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Plt Bupati Akhmad Marjuki Membuka Secara Resmi MTQ Ke-53 Tingkat Kabupaten Bekasi
PENDIDIKAN   Nov 22, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik