Minggu, 04 Desember 2022

Optimalkan Penyerapan Anggaran, Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan Lakukan Hal Ini

PEMERINTAHAN   Jun 1, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 3.551 Kali


id4883_Compress_20220601_100532_2310.jpg
Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan. FOTO : WULAN MAULIDDA/NEWSROOM DISKOMINFOSANTIK KABUPATEN BEKASI

CIKARANG PUSAT - Memasuki akhir triwulan ke-II, realisasi penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bekasi tercatat baru mencapai 23,95 persen. Melihat kondisi tersebut, Pj. Bupati Bekasi Dani Ramdan, segera melakukan upaya untuk dapat mengoptimalkan kinerja penyerapan anggaran di masing-masing perangkat daerah. 

“Kami sudah identifikasikan kendala-kendala apa yang menyebabkan tingkat penyerapan anggaran di perangkat daerah masih rendah, salah satu diantaranya lambannya pelaksanaan tender kegiatan” ujar Dani pada Selasa (31/5).

Dirinya lantas menetapkan langkah, dengan memastikan tender pada 500 lebih kegiatan, akan selesai dalam satu bulan kedepan. Selanjutnya, untuk kegiatan Pengadaan Langsung (PL) yang terdapat sekitar 15.500 kegiatan, masih terkendala CPCL (Calon Penerima dan Calon Lokasi - red) yang tidak akurat, sehingga harus di review. 

"Instruksi saya, (kegiatan) yang sudah clear segera laksanakan, yang belum clear segera didiskusikan, diambil tindakan, dan usulkan untuk penajaman di APBD perubahan, sehingga nanti implementasinya bisa di APBD perubahan," tegasnya.

Perihal penyerapan anggaran untuk kegiatan rutin, ia mendorong agar Kepala Perangkat Daerah lebih termotivasi mempercepat penyerapan anggaran di masing-masing perangkat daerah. 

"Kita akan adakan rapat pimpinan setiap Selasa pagi, kita umumkan 5 Perangkat Daerah yang paling rendah penyerapannya. Disitu mereka harus menjelaskan kendalanya dan bagaimana solusinya. Nanti di bulan kedua, juga akan berimplikasi terhadap TPP jika belum bisa memperbaiki kinerja penyerapan anggarannya," paparnya.

Terkait target penyerapan anggaran, Dani mengungkapkan target penyerapan anggaran di triwulan ke-III sebesar 70 hingga 80 persen.

"Inginnya 70 sampai 80 persen, sehingga di triwulan IV tinggal sekitar 20 persen dan tidak melonjak. Walaupun dalam historinya sulit, tapi nanti kita akan review di akhir triwulan II ini, apakah dengan cara yang saya terapkan ada perubahan. Kalau pelaksanaannya baik, target itu akan tetap kita canangkan," katanya. 

(fiu/rmd/prokopim pemkab Bekasi) 

Berita Lainnya

Raih PNBP Tertinggi, Kantor Pertanahan Kabupaten Bekasi Diganjar Penghargaan dari Kementerian
PEMERINTAHAN   Dec 3, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
BPBD Kabupaten Bekasi Siapkan Posko Bencana dan Pantau Daerah Rawan Banjir
PEMERINTAHAN   Dec 3, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Kodim 0509 bersama TNI/Polri dan Perangkat Daerah Gelar Latihan Penanggulangan Bencana
PEMERINTAHAN   Dec 2, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Proses Pengajuan KH. Raden Ma'mun Nawawi Sebagai Pahlawan Nasional Masuk Tiga Besar
PEMERINTAHAN   Dec 2, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Cegah Banjir, Pemcam Babelan Bersihkan Kali Baru Desa Kedung Pengawas
PEMERINTAHAN   Dec 2, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik