Senin, 23 Mei 2022

Ketua Dekopinda Kabupaten Bekasi : Enam Syarat Koperasi Menjadi Besar

EKONOMI   Apr 5, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 503 Kali


id4498_Compress_20220405_123122_2835.jpg
Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Bekasi, Toto Iskandar

CIKARANG PUSAT – Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Bekasi, Toto Iskandar menjabarkan ada enam syarat koperasi dapat berkembang dan tumbuh menjadi besar. Enam syarat tersebut adalah jaringan (network), anggota, bisnis power, media, civil power dan pemerintah.

“Nah enam itu harus dimiliki koperasi, termasuk media seperti IG dan medsos lainnya itu kan sangat berperan untuk mengembangkan koperasi dan peran pemerintah juga sangat penting untuk mendorong adanya kerjasama seperti ke perusahaan-perusahaan,” ujar Toto Iskandar, Selasa (5/4/22).

Saat ini, Toto Iskandar mengakui jika koperasi di Kabupaten Bekasi terus membangun kerjasama dengan perusahaan besar. Langkah tersebut membuktikan perkembangan koperasi terus menggeliat pasca Covid-19.

Bahkan koperasi yang telah membangun kerjasama dengan perusahaan pun dari jumlahnya cukup banyak. Beberapa waktu lalu, koperasi telah menjajaki kerjasama dengan PT Maspion dalam menyediakan produk berkulitas dengan harga pabrik. 

“Sudah banyak kerjasama dengan perusahaan. Dengan Maspion kita kerjasama, bahkan MoU dua koperasi besar PKPRI, koperasi fajar surya paper, kita MoU tinggal PKS, semua yang diberikan produk SNI dan asasnya ya gotong-royong,” ujar Toto Iskandar.

Toto mengungkapkan, jumlah koperasi yang ada di Kabupaten Bekasi sebanyak 1300 koperasi dan yang aktif mencapai 600. Rapat Anggota Tahunan (RAT) menjadi patokan maju mundurnya koperasi.

“Ya, yang mengikuti RAT sekitar 50 persen, seandainya koperasi banyak duit tetapi tidak melakukan RAT ya kita anggap kurang bagus dan koperasinya tidak maju,” tandasnya.

Reporter : Fuad Fauzi

Editor.     : Yus Ismail

 

Berita Lainnya

Katar Tambun Selatan Siap Jadi Pelopor Penggerak Ekonomi Pasca Pandemi
EKONOMI   May 19, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Banyak Relaksasi, Forum UMKM Kecamatan Cibarusah Diharapkan Jadi Motor Kebangkitan Ekonomi
EKONOMI   May 18, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Objek Wisata Danau Tambelang Mulai Menarik Perhatian Wisatawan
EKONOMI   May 14, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Stok Ikan Bandeng Jadi Perhatian Khusus Disperindag
EKONOMI   Apr 29, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
MenKop UKM Teten Masduki Buka Bazar Mudik Lebaran 2022 di Rest Area 39A
EKONOMI   Apr 28, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik