Jumat, 03 Februari 2023

Inovasi Kelurahan Wanasari, Miliki Mata Elang dan Command Center

PEMERINTAHAN   Sep 21, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 2.108 Kali


id5716_Compress_20220921_202934_4229.jpg
COMMAND CENTER : Lurah Wanasari, Sarkum memperlihatkan Ruang Command Center dalam rangka memaksimalkan pemantauan keamanan dan ketertiban umum di wilayah Kelurahan Wanasari.

CIBITUNG - Kelurahan Wanasari Kecamatan Cibitung memperkenalkan salah satu inovasi dalam memaksimalkan pengawasan keamanan dan ketertiban umum. 

Lurah Wanasari, Sarkum mengatakan, pihaknya memiliki inovasi Mata Elang dan Command Center dalam rangka meningkatkan keamanan dan ketertiban umum melalui pemasangan CCTV di sejumlah tempat strategis di ruang lingkup wilayah Kelurahan Wanasari.

"Dalam rangka mewujudkan Kelurahan Wanasari yang aman, nyaman dan tenteram. Pengawasan dan peningkatan terhadap keamanan dan ketertiban maka kita lakukan dengan pemasangan 9 CCTV yang tersebar di beberapa titik strategis. Diantaranya, sekitar Underpass Cibitung, Pertigaan Jalan arah Kecamatan Cibitung dan arah Kelurahan Wanasari, Kali Rengas dan Kali Srengseng," ucap Sarkum, Rabu (21/09/22).

Sarkum menjelaskan, pemasangan CCTV tersebut merupakan salah satu upaya dalam menjaga keamanan lingkungan serta melakukan pemantauan terhadap kegiatan kemasyarakatan apabila terjadi sesuatu. CCTV ini dapat menjadi sistem yang terintegrasi dengan Command Center yang ada di Kantor Kelurahan Wanasari dalam hal pengawasan, antisipasi dan penindakan terhadap gangguan keamanan.

"Pemantauan melalui "udara" ini kita integrasikan dengan ruang Command Center, jadi apabila terjadi gangguan keamanan, CCTV ini bisa menjadi bukti. Berikut dengan antisipasi yang telah dilakukan, ketika ada beberapa anak muda yang akan melakukan aksi kenakalan remaja berkat CCTV ini kita bisa amankan dan ditindaklanjuti," katanya.

Selain bertujuan meningkatkan keamanan wilayah, inovasi Mata Elang dan Command Center ini juga bisa menjadi pos pemantauan terhadap situasi dan kondisi sungai yang ada di Kelurahan Wanasari.

Hal ini dapat membantu dalam memberikan peringatan dini yang dilakukan Pemerintah Kelurahan Wanasari kepada warganya apabila terjadi banjir di sungai tersebut, juga dapat mengoptimalkan pemantauan terhadap tindakan warga yang masih membuang sampah ke kali.

"CCTV ini juga dapat membantu kita dalam persiapan datangnya musim hujan. Jadi apabila debit air mulai naik kita dapat memberikan peringatan dini kepada warga sekitar. Bahkan melalui pemantauan CCTV ini juga pernah kita dapati orang yang membuang sampah ke kali dan tentunya kita lakukan penindakan," ujarnya.

Ia mengungkapkan, inovasi ini pernah mendapatkan apresiasi langsung dari Kepolisian Negara Jepang yang berkunjung ke Kantor Kelurahan Wanasari.

Reporter : Nur Rachman Akbar

Editor      : Yus Ismail

 

Berita Lainnya

Launching Program Gematapas, Kantor Pertanahan Ajak Masyarakat Patok Batas Tanah
PEMERINTAHAN   Feb 3, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Tinjau TPA Burangkeng, Dani Ramdan Buka Dialog dengan Warga
PEMERINTAHAN   Feb 3, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Kolaborasi dengan Dinsos, Disperkimtan Bantu Rutilahu Warga Miskin Ekstrem
PEMERINTAHAN   Feb 3, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Jalin Sinergi dengan Komunitas Medsos, Diskominfosantik Gelar Ngobak
PEMERINTAHAN   Feb 3, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
107 Kilometer Jalan Akan Dibangun Pemkab Bekasi di Tahun 2023
PEMERINTAHAN   Feb 2, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik