Sabtu, 26 November 2022

Ini Dia Kriteria Penilaian Lomba Kampung Bersih Makin Berani

UMUM   Aug 3, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 1.769 Kali


id5343_WhatsApp Image 2022-08-03 at 14.36.08.jpeg
PENILAIAN: Tim penilai Lomba Kampung Bersih Makin Berani tengah memberikan penilaian di Kampung Sempu, Gang Katel, RT 02/08, Desa Cicau, Kecamatan Cikarang Pusat, Rabu, (3/8/2022). FOTO: DANI IBRAHIM/NEWSROOM DISKOMINFOSANTIK KAB BEKASI.

CIKARANG PUSAT – Peserta terbaik Kampung Bersih Makin Berani tingkat RW, hingga perumahan terbaik di tingkat kecamatan mulai didatangi tim penilai. Sejumlah sarana prasarana hingga pendukung lain, mencakup kenyamanan dan keamanan didatangi langsung tim yang dibentuk  Pemerintah Kabupaten Bekasi.

Tim Penilai sendiri dari beberapa unsur diantaranya, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kesehatan, Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol-PP)  dan unsur pendukung lainnya.

Salah Satu Tim Penilai Wilayah Kecamatan Cikarang Pusat, dari Dinas LH Kabupaten Bekasi, Fajar Eli menyampaikan dalam penilaian Kampung Bersih Makin Berani ada sejumlah indikator. Dari LH sendiri, mencakup lima kriteria.

Pertama, kata dia, yakni kebersihan lingkungan dengan jenis pengelolaan yang dilakukan masyarakat. Kedua dalam sisi keindahan lingkungan, ketiga dari ketertiban baik administrasi penduduk maupun penataan parkir, ke empat keamanan lingkungan dan terakhir yakni inovasi lingkungan.

“Pada inovasi lingkungan, nanti tiap poin tersebut dijabarkan kembali karena ada beberapa hal yang menjadi penilaian bagi kami,” ujar Fajar saat ditemui di salah satu loksai penilaian di Kampung Sempu, Gang Katel, RT 02/08, Desa Cicau, Kecamatan Cikarang Pusat, pada Rabu (3/8/2022).

Tim Penilai lainnya, dari Dinkes Kabupaten Bekasi, Teni Kuntari menyampaikan, ruang lingkup kesehatan menjadi dasar penilaian yang dilakukan. Berpatokan pada lima pilar, tidak BAB sembarangan (Stop BABS), mencuci tangan pakai sabun (CTPS), mengelola air minum dan makanan rumah tangga yang aman. Pengamanan sampah rumah tangga dengan benar dan Pengamanan limbah cair rumah tangga dengan aman.

“Itu yang kami nilai dari sisi kesehatan. Kami langsung meninjau dan menilai. Sementara, untuk keamanan langsung mengecek beberapa hal salah satunya Pos Ronda yang aktif di perkampungan,” tukasnya. (*)

REPORTER: DANI IBRAIM

EDITOR: TATA JAELANI

Berita Lainnya

Wisata Sunge Jingkem Raih Penghargaan ISDA 2022
UMUM   Nov 23, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Antisipasi Bencana, Kelurahan Wanasari Resmikan Posko Katana
UMUM   Nov 23, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Kabupaten Bekasi Juara Umum Porprov XIV Jabar 2022
UMUM   Nov 19, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Sejumlah Cabang Lomba MTQ Mulai Dipertandingkan
UMUM   Nov 13, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Ini Daftar Nama Anggota Panwaslu Terpilih di 23 Kecamatan
UMUM   Oct 26, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik