Selasa, 18 Juni 2024

Hindari Hoaks Lowongan Kerja, Disnaker Perkenalkan Aplikasi Siap Kerja Karirhub di 6 SMK

PEMERINTAHAN   Mar 16, 2023  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 4.231 Kali


id6869_Compress_20230316_133159_9949.jpg


CIKARANG BARAT - Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kabupaten Bekasi bekerjasama dengan Pusat Pasar Kerja Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, menggelar pelayanan informasi pasar kerja untuk calon pencari kerja di enam Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Bekasi. 

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Sekretaris Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bekasi, Betty Kusuma Wardhani, di SMKN 2 Cikarang Barat, Desa Kalijaya Kecamatan Cikarang Barat, Rabu (15/3/2023).

Acara yang dihadiri perwakilan dari Pusat Pasar Kerja Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Rici Ronaldo itu digelar dalam rangka memberikan pembekalan kepada para siswa tentang informasi pasar kerja, sekaligus memperkenalkan aplikasi SIAP Kerja Karirhub.

Betty Kusuma Wardhani, mengatakan, kegiatan penyuluhan ini bertujuan untuk mendorong siswa dan siswi SMK agar mempersiapkan diri dalam memasuki pasar kerja. 

"Kami ingin para siswa mengetahui tentang informasi pasar kerja dan menghindari hoaks tentang pasar kerja. Jadi ada laman SIAP kerja karirhub (karirhub.kemnaker.go.id) yang disediakan oleh Kementerian Tenaga Kerja yang bekerja sama dengan Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bekasi," ungkapnya.

Betty berharap, penyuluhan ini dapat membantu dan memudahkan masyarakat mengenai informasi pasar kerja yang legal melalui sumber resmi, sehingga dapat mencegah terjadinya hoaks pasar kerja. 

"Harapan kedepannya masyarakat dapat memahami tentang informasi pasar kerja yang resmi, agar bisa tersalurkan kepada perusahaan-perusahaan yang resmi sehingga tidak terjadi penipuan di lapangan," ujarnya.

Sementara itu, perwakilan dari Pusat Pasar Kerja kementrian ketenagakerjaan Republik Indonesia, Rici Ronaldo menambahkan, pihaknya akan mengupayakan informasi pasar kerja agar dapat tersalurkan secara meluas di masyarakat, melalui aplikasi SIAP KERJA-Karirhub (karirhub.kemnaker.go.id) yang berhubungan dengan informasi lowongan kerja. 

"Kementerian Ketenagakerjaan sudah memiliki  KarirHub (karirhub.kemanaker.go.id), sebagai salah satu layanan ketenagakerjaan yang terdapat dalam Aplikasi SIAP KERJA pada Portal kemnaker.go.id yang berhubungan dengan informasi lowongan pekerjaan," terangnya. 

Karirhub tersebut, kata dia, merupakan job portal yang memberikan informasi pasar kerja yang benar-benar ada dan tidak hoaks yang diposting oleh perusahaan yang bersangkutan. 

"Sehingga pencari kerja mendapatkan informasi pasar kerja yang benar dan tidak tertipu oleh oknum-oknum yang menjanjikan sesuatu kepada para pencari kerja," ungkapnya. 

Dirinya berharap, para pencari kerja (pencaker) dapat bersaing di pasar kerja dengan kemampuan dan kesiapan yang dimiliki secara matang.

"Harapan kami, para pencari kerja ini akan siap memasuki pasar kerja dengan soft skill dan hard skill yang dimiliki," tandasnya.

Reporter : Soni Suganda /Refki

Editor      : Yus Ismail

Berita Lainnya

Plh Bupati Bekasi Iyan Priyatna Serahkan Hewan Qurban di Ponpes At-Taqwa Babelan
PEMERINTAHAN   Jun 17, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Edukasi Cegah Stunting, Camat Serang Baru Apresiasi Program Kampus Bakti dari Universitas Paramadina
PEMERINTAHAN   Jun 15, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Promosikan Wisata Industri di Gebyar Wisata Nusantara Expo 2024
PEMERINTAHAN   Jun 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Bapenda Kabupaten Bekasi Perkuat Tim, Genjot Potensi Pajak di Semua Sektor
PEMERINTAHAN   Jun 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Maksimalkan Pelayanan Publik, Kecamatan Muaragembong Hadirkan Inovasi Yanmas Mugeri
PEMERINTAHAN   Jun 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik