Kamis, 06 Oktober 2022

SIDANG PARIPURNA ISTIMEWA TASYAKURAN HARI JADI KABUPATEN BEKASI KE-72

Gubernur Ridwan Kamil Dukung KH Ma'mun Nawawi sebagai Pahlawan Nasional

PEMERINTAHAN   Aug 15, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 1.924 Kali


id5467_1660572425275-01.jpeg
SIDANG PARIPURNA ISTIMEWA: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat sambutan pada Sidang Paripurna Istimewa Tasyakuran Hari Jadi Kabupaten Bekasi Ke-72 di Gedung DPRD Kabupaten Bekasi, Senin (15/08/2022). FOTO: WULAN MAULIDDA/NEWSROOM DISKOMINFOSANTIK KAB BEKASI.

CIKARANG PUSAT - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendukung dan mendorong agar KH. Ma'mun Nawawi dijadikan pahlawan nasional. Hal tersebut diungkapkan Ridwan Kamil saat memberikan sambutan pada Sidang Paripurna Istimewa Tasyakuran Hari Jadi Kabupaten Bekasi ke-72 di Gedung DPRD Kabupaten Bekasi pada Senin (15/08/2022).

"Saya sedang mempersiapkan dukungan lahir batin agar almarhum K.H Makmun Nawawi dijadikan pahlawan nasional," ujar Ridwan Kamil.

Dukungan Gubernur Jabar juga akan diawali dengan pemberian nama KH. Ma'mun Nawawi sebagai nama jalan provinsi di jalur Cikarang - Cibarusah, Kabupaten Bekasi.

"Kami akan mulai dengan mengizinkan jika diperkenankan oleh seluruh anggota dewan ada jalan provinsi kalau tidak salah di Cibarusah-Cikarang bisa dinamai oleh nama beliau," ucap Ridwan Kamil.

Menurutnya, pemberian nama jalan provinsi akan memudahkan pengajuan nama KH Ma'mun Nawawi sebagai pahlawan nasional.

"Setelah itu dilakukan maka perjuangan sampai ke istana negara mewujudkan pahlawan nasional insya Allah lebih mudah, amin ya robbal alamin," tandasnya.

Rencana pengkajian tokoh nasional ini berawal dari usulan warga Cibarusah. Warga di selatan Kabupaten Bekasi ini mengusulkan nama KH Makmun Nawawi sang ulama pejuang dan cendekiawan muslim asal Kampung Cibogo, Cibarusah tersebut, punya peran besar dalam sejarah perjuangan Kemerdekaan Indonesia.

Beliau misalnya berperan aktif dalam perjuangan Kemerdekaan Indonesia dengan membentuk Laskar Hizbullah dan memberikan pelatihan semi militer kepada para santri Pesantren Albaqiyatus Sholihat yang dipimpinnya.

Pasca pelatihan tersebut,  para santri kemudian diterjunkan ke berbagai medan perang, antaranya ke Jombang di bawah pimpinan KH Wahid Hasyim dan ke Bekasi di bawah Pimpinan KH Noer Alie . (*)

 

Berita Lainnya

BPBD Perkuat Sinergi dengan FPRB dan Destana dalam Penanggulangan Bencana
PEMERINTAHAN   Oct 5, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Camat Cibitung Optimistis Kabupaten Bekasi Hattrick Juara P2WKSS Tingkat Jawa Barat
PEMERINTAHAN   Oct 5, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Laporan Kinerja Pj Bupati Bekasi ke Mendagri Dinilai Baik dan Memadai
PEMERINTAHAN   Oct 5, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Siaga Bencana, Pemkab Bekasi Optimalkan Peran Destana dan FPRB
PEMERINTAHAN   Oct 5, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pj Bupati Bekasi Imbau ASN Beli Produk dari Toko Daring Bebeli
PEMERINTAHAN   Oct 5, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik