Rabu, 10 Agustus 2022

Forum UMKM Pebayuran Genjot Legalisasi Izin Berusaha

EKONOMI   Jan 13, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 1.461 Kali


id4009_IMG_20220113_210439.jpg
Ketua Forum UMKM Kecamatan Pebayuran, Didi Supardi

PEBAYURAN - Forum Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kecamatan Pebayuran di tahun 2022 fokus dalam mendampingi pelaku usaha di setiap desa untuk memiliki legalitas berupa Nomor Induk Berusaha (NIB). Hal ini karena pemerintah pusat tengah mengalakkan setiap pelaku usaha memiliki izin tersebut.

Ketua Forum UMKM Kecamatan Pebayuran, Didi Supardi, menjelaskan saat ini dirinya bersama para pelaku usaha di Pebayuran terus mendorong agar setiap unit usaha memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) sebagai dasar legalitas.

“Program pertama yang sedang galakkan pertama perizinan mereka. Karena di tahun 2022 ini kita fokus untuk perbaiki dulu legalitas mereka,” terang Didi dalam wawancara di Kantor Desa Karangharja, pada Kamis (13/01/2022).

Didi melanjutkan, meskipun Forum UMKM Pebayuran baru terbentuk di akhir tahun lalu, Unit usaha yang ada di Pebayuran mulai bermunculan di desa-desa.

“Kalau di Desa Karangharja lebih dominan ke usaha sablon, ada juga di Desa Sumbersari itu produksi Kacang Umpet itu unik. Ada juga di Kampung Rumbia Desa Karangreja yang usahanya Bandeng Presto, di Bantarjaya ada juga pelaku usaha sablon juga,” tuturnya.

Selain legalitas yang sedang digalakkan, pihaknya terus melakukan pendampingan pada proses produksi setiap unit usaha yang ada di desa, kelayakan kemasan, dan pemasaran sampai ke tingkat kabupaten.

“Selain legalitas juga kita lihat proses produksinya, kemasannya seperti apa sudah bagus atau sudah layak untuk kita naikkan ke kabupaten. Artinya biar pasaran mereka tidak cuma di wilayah desa,” jelasnya.

Didi menuturkan selain sebagai Ketua Forum UMKM Pebayuran, dia sekaligus menjadi pendamping UMKM pada Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bekasi, sehingga memudahkannya untuk melakukan koordinasi dan pengembangan UMKM di Kecamatan Pebayuran.

“Berawal dari saya menjadi Pendamping UMKM di tingkat kabupaten, akhirnya kita bentuk Forum UMKM, nanti dari forum kita akan sampaikan informasi ke masing-masing desa,” katanya. 

Reporter : Fajar CQA/Andre M Ja’far

Editor      : Yus Ismail

 

Berita Lainnya

Pj. Bupati Bekasi Hadiri Peluncuran Mobil Listrik Buatan Indonesia
EKONOMI   Aug 8, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Great Sale, Pemkab Bekasi Berikan Diskon 30 Persen Produk UMKM di 36 Outlet
EKONOMI   Aug 5, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Targetkan 500 UKM Masuk di Aplikasi Bebeli
EKONOMI   Aug 5, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pj Bupati Bekasi Kunjungi PT Mattel Indonesia
EKONOMI   Aug 4, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Dani Ramdan Apresiasi Kontribusi PT Epson untuk Kabupaten Bekasi
EKONOMI   Aug 4, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik