Kamis, 18 Agustus 2022

DPPKB Gelar Pembinaan Pusat Informasi dan Konseling Remaja

PENDIDIKAN   Aug 4, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 221 Kali


id5348_Compress_20220804_211511_1142.jpg
PENYULUHAN : Para remaja dari berbagai sekolah di Kabupaten Bekasi mengikuti pembinaan Pusat Informasi dan Konseling bagi Remaja (PIK-R) di Aula Diskominfosantik, Komplek Pemkab Bekasi Cikarang Pusat, pada Kamis, (04/08/2022). DANI IBRAHIM/ Newsroom Diskominfosantik.

CIKARANG PUSAT - Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Bekasi menyelenggarakan pembinaan Pusat Informasi dan Konseling bagi Remaja (PIK-R) yang diikuti para pelajar dan perwakilan masyarakat dari berbagai kecamatan di Kabupaten Bekasi.

Acara yang menghadirkan narasumber dari BKKBN Provinsi Jawa Barat dan Forum Genre Jabar tersebut, berlangsung di Aula Diskominfosantik, Komplek Pemkab Bekasi Cikarang Pusat, pada Kamis, (04/08/2022).

Kepala DPPKB Kabupaten Bekasi, Farid Setiawan mengatakan, program ini merupakan upaya mendukung penurunan stunting dari hulu yaitu pada saat usia remaja, sekaligus mengurangi risiko masalah kesehatan reproduksi remaja seperti seksualitas, HIV/AIDS dan Napza, sehingga dapat menerapkan pola hidup sehat.

"Selain berkontribusi dalam program penurunan stunting yang dicanangkan Pemkab Bekasi dari hulu, sekaligus memberikan pemahaman dalam hal kesehatan reproduksi remaja," kata Farid.

Menurut Farid, pembinaan ini penting diberikan, karena jika para remaja tidak menerapkan pola hidup sehat, akan berhadapan dengan terganggunya pendidikan, pencarian pekerjaan dan kehidupan berkeluarga.

"Untuk merespon masalah tersebut, dibutuhkan pendekatan khusus untuk para remaja, dengan menjadikan remaja sebagai pengelola, pendidik, dan konselor sebaya," tuturnya.

Wadah PIK-R yang telah dijalankan programnya dari DPPKB memiliki fokus agar para remaja yang ada di dalamnya dapat memperoleh informasi dan pelayanan konseling tentang kesehatan reproduksi.

"PIK di lingkungan remaja sangat penting agar para remaja mendapatkan informasi dan pelayanan konseling yang cukup dan benar mengenai program Genre (Generasi Remaja). Juga agar para remaja dapat meningkatkan akses pelayanan PIK-R," jelas Farid.

Dia mengatakan kegiatan pembinaan tersebut diikuti oleh 115 remaja dari perwakilan jalur sekolah dan masyarakat yang ada di Kabupaten Bekasi.

"Peserta kurang lebih 115 dari perwakilan sekolah dan perwakilan masyarakat di beberapa kecamatan, seperti dari Kecamatan Cibitung, Tamsel, Bojongmangu, dan Cikarang Pusat," jelasnya.

Farid berharap para peserta dapat menjadi agen fasilitator dan motivator untuk menyampaikan informasi dan konseling mengenai kesehatan reproduksi kepada teman sebayanya, sehingga dapat mengurangi risiko permasalahan kesehatan remaja.

"Kita harapkan generasi remaja kita dapat menjadi generasi yang hebat dan berkualitas," tandasnya.

Reporter : Fajar CQA

Editor     : Yus Ismail

 

Berita Lainnya

KH. Irfan Mas'ud, Cucu Pahlawan Nasional KH. Noer Ali : Perjuangan Beliau Harus Diteruskan
PENDIDIKAN   Aug 16, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Ratusan Pelajar Meriahkan Panggung Utama Pesta Rakyat Kabupaten Bekasi
PENDIDIKAN   Aug 13, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Padus Gita Bahana Dikukuhkan, Ini Pesan Dani Ramdan kepada Siswa-siswi Terpilih
PENDIDIKAN   Aug 13, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Guru Ditantang Melek Teknologi, Disdik Terus Matangkan dengan Menggalang Stekholder
PENDIDIKAN   Aug 12, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
SMPN 1 Babelan Juara I Lomba Cerdas Cermat Wawasan Kebangsaan dan Kebekasian
PENDIDIKAN   Aug 11, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik