Kamis, 30 Maret 2023

Disarpus Kabupaten Bekasi Gelar Roadshow Literasi di Ponpes Al-Imaroh

PENDIDIKAN   Mar 23, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 788 Kali


id4419_Compress_20220323_184600_0170.jpg


CIKARANG BARAT – Dinas Arsip dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Bekasi menggelar roadshow literasi dan pemutaran film sejarah di Pondok Pesantren Al-Imaroh, Jl. Bojongkoneng, Desa Telagamurni, Kecamatan Cikarang Barat, pada Rabu, (23/03/22).

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Bekasi, Hj Sarem Suteja Akhmad Marjuki sebagai Bunda Literasi Kabupaten Bekasi.

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Bekasi Adeng Hudaya mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk meluaskan jangkauan layanan perpustakaan hingga ke pelosok, sehingga bisa memenuhi kebutuhan masyarakat dalam membaca dan mengenal buku.

Adeng menyebutkan, Pemkab Bekasi saat ini mempunyai tiga perpustakaan, yang pertama di Perpustakaan Kantor Disarpus Pemda Kabupaten Bekasi, kedua di Cikarang Festival (Cifest) di daerah Cikarang Selatan dan ketiga berada di samping Polsek Cikarang Utara. 

"Mudah-mudahan nanti anak-anak kita dapat mengunjungi perpustakaan yang sudah kita siapkan, untuk meningkatkan budaya membaca yang lebih baik lagi," ujarnya.

Adeng Hudaya mengungkapkan, Disarpus Kabupaten Bekasi juga mempunyai dua Perpustakaan Keliling (Pusling) dalam rangka meningkatkan literasi masyarakat, dengan menggunakan mobil dan motor yang berkeliling di wilayah Kabupaten Bekasi.

"Insya Allah dalam waktu dekat, kami juga akan mendapatkan dana hibah berupa tiga unit mobil dari sebuah perusahaan otomatif, yang mendukung terhadap literasi di Kabupaten Bekasi," tambahnya.

Sementara itu, Hj. Sarem Suteja dalam sambutannya mengatakan, sebutan sebagai Bunda Literasi Kabupaten Bekasi yang diembannya merupakan amanah baru untuk mempromosikan budaya gemar membaca, sehingga membangun kepedulian terhadap perpustakaan di Kabupaten Bekasi.

“Saya berpesan kepada adik-adik, mulai dari saat ini, detik ini cintailah buku, cintailah membaca kemudian terapkanlah literasi sejak dini,” terangnya.

Sarem Suteja yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bekasi ini menjelaskan, bahwa literasi tidak hanya membaca dan menulis saja, tetapi juga keterampilan untuk menyaring informasi yang bermanfaat.

“Saya berterimakasih kepada pengasuh Ponpes Al-Imaroh yang telah memfasilitasi acara ini dengan baik dan semoga acara ini bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Bekasi,” terangnya.

Acara Roadshow Literasi Disarpus tersebut dihadiri oleh siswa-siswi dan para guru Ponpes Al-Imaroh serta kader PKK se-Kabupaten Bekasi, yang berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Reporter : Andre M Jafar

Editor      : Yus Ismail

Berita Lainnya

Aktivitas Belajar Mengajar Kembali Normal Pasca Banjir
PENDIDIKAN   Mar 10, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Siswa SDN Ciantra 02 Ikuti Sosialisasi Bahaya Narkoba
PENDIDIKAN   Jan 31, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Yana Suyatna Apresiasi Kegiatan Kursus Pembina Pramuka
PENDIDIKAN   Jan 16, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan Lantik Dewan Pendidikan Periode 2022-2027
PENDIDIKAN   Dec 29, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Universitas Pelita Bangsa Gelar Seminar Nasional Strategi Pembelajaran Abad ke-21
PENDIDIKAN   Dec 24, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik