Sabtu, 02 Juli 2022

Dinas Pariwisata akan Bangun Wisata Kampung Bambu di Kawasan Situ Abidin

PEMERINTAHAN   May 26, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 351 Kali


id4836_Compress_20220526_230818_8085.jpg


BOJONGMANGU - Desa Karangmulya Kecamatan Bojongmangu merupakan salah satu kawasan yang menjadi target pengembangan destinasi wisata dari Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi. 

Selain dukungan konsep dan pola kegiatan dari tim pelaksana Program Bambu Juara Provinsi Jawa Barat, sinergitas lintas sektoral untuk mempersiapkan terbentuknya tempat tujuan wisata Kampung Bambu Karangmulya terus dikebut oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Kelembagaan Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi, Widyaningsih, saat meninjau langsung kawasan Situ Abidin yang akan dijadikan pusat kegiatan Kampung Bambu Desa Karangmulya, pada Kamis, (26/5/2022)

Widyaningsih mengatakan, pesona alam yang dimiliki oleh Desa Karangmulya menjadi modal untuk dirintisnya Wisata Kampung Bambu yang menjadi keinginan besar bagi masyarakat di sekitar lokasi. Rencananya pemanfaatan lahan akan menggunakan tanah kas desa seluas 1000 meter persegi di tahap satu dan 2200 meter persegi pada tahap selanjutnya. 

Selain meninjau lokasi, Dinas Pariwisata juga memberikan Surat Keputusan kelompok kerja penggiat pariwisata yang dikeluarkan Pemerintah Kabupaten Bekasi.

"Di tahap kedua akan dikoordinasikan dengan pemangku kebijakan dan stake holder yang berkaitan dengan pengelolaan kawasan, baik BBWS ataupun PUPR dan tentunya Pemerintah Kabupaten Bekasi sebagai pemangku hak otonomi daerah," ujarnya.

Sementara itu, Sekdes Karangmulya, Ajun, mengatakan kesiapannya melakukan kolaborasi untuk mewujudkan destinasi wisata Kampung Bambu di kawasan Situ Abidin. 

“Kami sudah melakukan sosialisasi dengan masyarakat desa, untuk rencana kerja dan aspek kegiatan lainnya serta pola kerja secara literasi sudah kami dapatkan dari TPP Bambu Juara Jawa Barat," ujarnya. 

Ajun menambahkan, penataan kawasan di atas lahan kas desa akan segera dilakukan sebagi upaya awal untuk memberikan gambaran kepada masyarakat seperti penanaman bambu di lokasi tersebut. 

"Tentunya kolaborasi seluruh pihak akan menjadi sinergi yang baik dalam pengerjaan destinasi wisata Situ Abidin, agar menjadi ikon wisata di Kabupaten Bekasi," kata Ajun. 

Reporter : Soni Suganda

Editor      : Yus Ismail

Berita Lainnya

Pancoranmas Masuk Final Top 99 Kompetisi Inovasi Kemenpan-RB
PEMERINTAHAN   Jun 30, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan Dorong Pemanfaatan Teknologi Digital
PEMERINTAHAN   Jun 30, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
58 Qori-Qoriah Ikuti MTQ Tingkat Kecamatan Sukatani
PEMERINTAHAN   Jun 30, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
40 Perusahaan Siap MoU dengan Pemkab Bekasi untuk Serap Tenaga Kerja Lokal
PEMERINTAHAN   Jun 30, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik