Jumat, 20 Mei 2022

Desa Sumbersari Siapkan Destana Antisipasi Banjir Citarum

PEMERINTAHAN   Nov 23, 2021  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 933 Kali


id3729_IMG_20211123_224457.jpg


PEBAYURAN - Pemerintah Desa Sumbersari Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi menyiapkan personil Desa Tangguh Bencana (Destana) untuk antisipasi terjadinya banjir, menyusul datangnya musim penghujan.

Sekretaris Desa Sumbersari, Namin mengatakan, personil Destana disiagakan dalam menghadapi bencana termasuk kegiatan evakuasi jika terjadi banjir dari luapan Sungai Citarum.

"Memasuki musim penghujan, kita sudah melakukan antispasi potensi bencana dengan melibatkan Destana, yang sudah dibentuk beberapa waktu lalu oleh BPBD Kabupaten Bekasi," ujar Namin saat ditemui pada apel siaga bencana yang digelar di Kantor Kecamatan Pebayuran, Selasa (23/11/2021).

Menurutnya, kesiapsiagaan terhadap bencana perlu dilakukan mengingat Desa Sumbersari berada di wilayah yang dekat dengan Sungai Citarum.

Namin menambahkan, Destana Desa Sumbersari, sudah diberi pelatihan dalam menghadapi bencana. Mereka juga diharapkan mampu mengorganisir serta meningkatkan kapasitas masyarakat dalam mengurangi risiko bencana.

“Kita sudah memberikan pembekalan kepada anggota Destana, seperti hari ini semua anggota Destana kita wajibkan untuk mengikuti apel siaga bencana yang digelar oleh BPBD Kabupaten Bekasi, di kantor Kecamatan Pebayuran," tambahnya.

Dengan hadirnya Destana, masyarakat bisa lebih memahami peta bencana di Desa Sumbersari. Sehingga mereka bisa memiliki kemandirian dalam menghadapi bencana banjir.

'Meskipun sudah ada tim Destana tapi kita tetap berharap kepada warga desa Sumbersari untuk bisa lebih memahami peta bencana di Desa Sumbersari, khususnya warga yang rumahnya berdekatan dengan sungai Citarum agar lebih waspada saat Sungai Citarum meluap,”ucapnya.

Namin menyebut, salah satu titik banjir di desanya berada di Kp. Bojong Poncol. Pasalnya kampung yang dihuni sebanyak 129 KK tersebut wilayahnya sering terdampak banjir dari luapan Sungai Citarum.

Reporter : Ike Sopiah

Editor     : Yus Ismail

 

 

 

 

 

 

Berita Lainnya

Ratusan Siswa SMA Digembleng Pengawasan Partisipatif
PEMERINTAHAN   May 19, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Plt Bupati Akhmad Marjuki Lantik 163 Pejabat Fungsional Pemkab Bekasi
PEMERINTAHAN   May 19, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Kampung KB Tunas Bangsa Kertarahayu Ikuti Penjurian Tahap II Tingkat Provinsi Jabar
PEMERINTAHAN   May 18, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Bantu Perbaikan Data Desa, IPB Kembangkan Data Desa Presisi di Kecamatan Muaragembong
PEMERINTAHAN   May 18, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Sekda Kabupaten Bekasi Hadiri Kick Off Numerik DDP di Muaragembong
PEMERINTAHAN   May 18, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik