Selasa, 18 Juni 2024

Cegah Perundungan di Sekolah, SDN Sumbereja 02 Gencarkan Sosialiasi Pencegahan Bullying

PENDIDIKAN   Nov 14, 2023  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 368 Kali


id8628_Compress_20231114_184840_0013.jpg


PEBAYURAN - Sekolah Dasar Negeri (SDN) 02 Sumbereja Kecamatan Pebayuran terus menggencarkan sosialisasi terkait pencegahan terhadap perundungan (bullying) di lingkungan sekolah. 

Kepala Sekolah SDN Sumbereja 02, Ridwan menyampaikan, pihaknya telah membentuk Satgas TPPKS (Tim Pencegahan Penanganan Kekerasan Sekolah) yang berkolaborasi dengan Dewan Guru serta dibantu oleh tokoh masyarakat. Hal ini sesuai dengan Permendikbud No 46 Tahun 2023 dan SK Bupati Bekasi yang berfokus pada tindakan preventif atau pencegahan.

"Tindakan atau upaya yang dilakukan pihak sekolah yakni dengan terus mensosialisasikan kepada murid, terutama bagi kelas tinggi yaitu dengan meminta waktu 5-10 menit kepada guru sekolah untuk sosialisasi terkait masalah bulllying, karena biasanya bullying atau perundungan terjadi di kelas tinggi," ujarnya pada Selasa, (14/11/2023).

Selain itu, tambah dia, sosialiasi tersebut tidak hanya disampaikan di ruang kelas saja. Melainkan di setiap kegiatan upacara dan shalat dhuha bersama, yang dilakukan setiap seminggu sekali sebagai media untuk terus mengingatkan kepada semua siswa dan siswi agar tidak melakukan perilaku tidak terpuji tersebut.

"Terkait sosialiasai terhadap bullying atau perundungan bila ada kesempatan pihak sekolah juga selalu menyampaikan tentang dampaknya bagi pelaku dan korban perundungan. Misalnya di waktu upacara bendera pada hari Senin dan juga pada waktu Shalat Dhuha berjamaah setiap hari Jumat," jelasnya.

Dia mengimbau, kepada semua pelajar SDN Sumbereja 02 untuk tidak melakukan bullying atau perundungan. Karena menurutnya, dampak bullying sangat besar bagi korban seperti memicu kesehatan mental, kesehatan fisik, dan penurunan prestasi.

Dia berharap, melalui berbagai langkah dan upaya yang telah digencarkan, ke depannya tidak ada lagi bullying atau perundungan di sekolah.

"Dengan demikian, siswa dan siswi bisa saling menghormati, saling menghargai, dan selalu bekerjasama dalam berbagai hal, dengan begitu tentunya anak-anak bisa berprestasi dan dapat meraih cita - citanya," ungkapnya.

Reporter : Refki Maulana

Editor      : Yus Ismail

Berita Lainnya

Edukasi Bahaya Narkoba, BNK Bekasi Kunjungi YPIT Al-Luthfah Cikarang Selatan
PENDIDIKAN   Jun 13, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Forum Pondok Pesantren Kabupaten Bekasi Resmi Jadi Ormas Terdaftar di Kesbangpol
PENDIDIKAN   Jun 8, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pj Bupati Bekasi Hadiri Pelepasan dan Wisuda Santri Pondok Pesantren Ibnu Abbas Cikarang
PENDIDIKAN   Jun 8, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Resmi Luncurkan Fitur PPDB Online Lewat Aplikasi Bebunge
PENDIDIKAN   Jun 8, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Optimalkan Warga Sekitar dan Kurang Mampu, Pemkab Bekasi Tambah Kuota Zonasi PPDB Jadi 80 Persen
PENDIDIKAN   May 30, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik