Selasa, 18 Januari 2022

CCEP Indonesia Gelar Pelatihan Budidaya Tanaman Lidah Buaya untuk Warga Sekitar Pabrik

EKONOMI   Dec 1, 2021  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 362 Kali


id3783_IMG_20211201_192538.jpg


CIBITUNG - Dalam rangka mendukung program pemberdayaan masyarakat sekitar area operasional, Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) melalui pabrik Bekasi 1, mengadakan pelatihan budidaya tanaman lidah buaya, yang berlokasi di RT.007/013, Kampung Cibitung Kaum, Desa Sukadanau, Kecamatan Cikarang Barat, Minggu (28/11/21).

Pelatihan kali ini diikuti sebanyak 30 peserta, yang didominasi kaum ibu, dengan materi pelatihan yang meliputi pengenalan dasar tanaman lidah buaya, cara budidaya tanaman, hingga pengolahan hasil tanam lidah buaya. 

Pelaksanaan pelatihan kali ini sekaligus menandai dimulainya program Desa Bestari di area sekitar operasional pabrik atau biasa disebut area Zona 1, pabrik Bekasi 1 CCEP Indonesia.

Desa Bestari (Bersih, Sehat, Tangguh, Mandiri, Lestari) sendiri merupakan program pendampingan pemberdayaan masyarakat sekitar wilayah operasional pabrik yang dilaksanakan oleh CCEP Indonesia yang berada di area Central Indonesia Region.

Regional Corporate Affairs Manager CCEP Indonesia, Nurlida Fatmikasari mengatakan, program Desa Bestari ini merupakan komitmen keberlanjutan dari perusahaan dengan 4 pilar utama, yakni pendidikan, lingkungan, kesehatan dan kewirausahaan. 

Setiap program yang dijalankan berdasarkan hasil diskusie dengan tokoh masyarakat dan beberapa perwakilan warga, dimana pemberdayaan masyarakat ini nantinya diharapkan dapat memberikan manfaat bagi banyak warga.

Pelatihan budidaya tanaman lidah buaya menjadi awal dari serangkaian program pendampingan dalam beberapa waktu kedepan. 

Dipilihnya tanaman lidah buaya sendiri dikarenakan tingkat kemudahan budidaya dan juga banyaknya manfaat yang dapat dihasilkan dari tanaman lidah buaya. 

Hal tersebut tercetus dari hasil diskusi bersama perwakilan warga dan juga tokoh masyarakat pada tahap inisasi program Desa Bestari ini sendiri.

“Tujuan dasarnya, kami ingin mendukung kegiatan pemberdayaan masyarakat sekitar pabrik. Melalui budidaya tanaman lidah buaya ini, kami berharap, lingkungan yang asri, sehat, serta dapat terciptanya nilai tambah lainnya di tengah masyarakat,” ucap Radita A. Wicaksana, Corporate Affairs Executive, CCEP Indonesia, Jakarta Operation.

Ketua RW.013 Desa Sukadanau Raden Nugraha mengatakan, kegiatan yang dilakukan CCEP Indonesia ini diyakini akan memberikan nilai-nilai positif di tengah masyarakat Zona 1 CCEP Indonesia. 

Mewakili aparatur desa dan tokoh masyarakat setempat, Ketua RW.013 mengapresiasi langkah yang dilakukan perusahaan.

“Kegiatan pelatihan ini memberikan nilai tambah bagi masyarakat sekitar. Mereka mendapatkan wawasan luas mengenai budidaya tanaman hingga pemanfaatan hasil budidaya dan olahannya. Tentu, hal ini sangat membantu kami, terutama dalam mewujudkan masyarakat yang sehat dan mandiri, serta lingkungan yang lestari,” ucap Nugraha dalam sambutannya.

Sebagai lanjutan dari pelatihan kali ini, warga masyarakat nantinya kembali mendapatkan pendampingan dari tim program serta pelatihan-pelatihan yang menunjang berjalannya Program Desa Bestari. 

Beberapa kegiatan sudah disiapkan oleh tim CCEP Indonesia kedepannya, seperti pelatihan pengolahan hasil budidaya tanaman, pelatihan kewirausahaan, hingga penyuluhan kesehatan bagi masyarakat.

Reporter : Fuad Fauzi

Editor      : Yus Ismail

 

 

 

 

Berita Lainnya

Pemkab Bekasi Siapkan 20 Ribu Liter Minyak Goreng pada OPM Kedua
EKONOMI   Jan 17, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Gelar Operasi Pasar Murah Minyak Goreng di Babelan
EKONOMI   Jan 17, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Harga Cabai Rawit di Kabupaten Bekasi Mulai Turun
EKONOMI   Jan 15, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Penarik Becak Pasar Bojong, Bertahan Hidup di Tengah Kehadiran Ojek Online
EKONOMI   Jan 14, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Bangkitkan Ekonomi Warga, Desa Lambangsari Bangun Pusat Kuliner
EKONOMI   Jan 14, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik