Rabu, 10 Agustus 2022

Camat Sukawangi Pimpin Lomba Kampung Bersih Makin Berani di Desa Sukabudi

UMUM   Jul 3, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 119 Kali


id5100_Compress_20220703_150851_1308.jpg


SUKAWANGI - Camat Sukawangi Parno Martono memimpin kegiatan bersih-bersih dalam rangka "Lomba Kampung Bersih Makin Berani” yang digelar di Kampung Bulaktemu, Desa Sukabudi, Kecamatan Sukawangi, Kabupaten Bekasi, pada Minggu (03/07/2022).

Parno Martono mengatakan, pihaknya menginstruksikan seluruh desa yang ada di wilayahnya untuk mengikuti kegiatan "Lomba Kampung Bersih Makin Berani” yang digelar dalam rangka menyambut Hari Pramuka ke-61, Hari Jadi Kabupaten Bekasi ke-72 dan HUT RI ke-77 tahun 2022.

“Kita sudah menyiapkan tim monitoring dari tiap-tiap desa untuk menyukseskan lomba ini, mulai dari tingkat dusun, desa dan kecamatan,” ujarnya.

Parno sangat mendukung kegiatan Lomba Kampung Bersih ini, karena memiliki manfaat yang besar bagi masyarakat Kabupaten Bekasi, khususnya Kecamatan Sukawangi.

“Banyak manfaat yang kita dapat dari kegiatan bersih-bersih ini, seperti pentingnya belajar hidup sehat dengan tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga lingkungan,” tambah Parno.

Selain itu, untuk mengoptimalkan lomba kampung bersih ini, pihaknya telah menyiapkan petugas piket untuk memantau lokasi-lokasi yang sekiranya sering dijadikan tempat pembuangan sampah liar oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Kita juga pasang baliho dilarang membuang sampah di lokasi TPS liar yang ada di tiap-tiap desa. Kami juga akan siapkan petugas pengawas untuk menindaklanjuti warga yang membuang sampah sembarangan, agar ada efek jera,” ungkapnya.

Semantara itu Kepala Desa Sukabudi Limudin Suparna atau akrab di panggil Lurah Pitung mengatakan, pihaknya sudah mempunyai program kebersihan lingkungan secara rutin, yang dilaksanakan bersama aparatur desa dan masyarakat sekitar.

“Kita setiap Jumat mengadakan bersih-bersih di tiap-tiap dusun di wilayah Desa Sukabudi, yang dilaksanakan bersama dengan masyarakat sekitar. Bahkan kami setiap 17 Agustus sering mengadakan Lomba Kampung Bersih dengan cara menghias kampungnya agar bebas dari sampah,” kata Limudin.

Dirinya juga menyampaikan, sampah yang ada di wilayahnya khususnya di Kampung Bulaktemu, merupakan sampah yang dibuang oleh masyarakat di luar desanya.

“Sampah yang ada di pinggiran kali Sukabudi ini merupakan sampah rumah yang dibuang secara sengaja oleh warga desa lain. Kami bersama masyarakat sudah sering membersihkan lokasi tersebut, bahkan kami juga sudah melakukan pemagaran dan pemasangan baliho, namun ada saja oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab mencabutnya,” tambahnya.

Selain itu dirinya mengimbau kepada warga Desa Sukabudi dan masyarakat luar untuk sama-sama menjaga lingkungannya, jangan sampai Desa Sukabudi menjadi tempat penbuangan sampah, karena itu merupakan salah satu sumber penyakit.

“Saya berharap warga tidak membuang sampah sembarangan, kalau bisa masing-masing warga mengumpulkan limbah sampah rumah tangganya untuk diangkut oleh petugas DLH atau juga bisa dibakar, sehingga lingkungan kita bisa menjadi sehat,” harapnya.

Reporter : Ike Sopiah

Editor     : Yus Ismail

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berita Lainnya

Ini Dia Kriteria Penilaian Lomba Kampung Bersih Makin Berani
UMUM   Aug 3, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Kampung Sempu Wakili Kecamatan Cikarang Pusat di Tingkat Kabupaten
UMUM   Aug 3, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Apindo Minta Setiap Perusahaan Terapkan UU TPKS
UMUM   Aug 3, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Bawaslu Kabupaten Bekasi Sosialisasi Pengelolaan Kehumasan dan Informasi Publik
UMUM   Jul 27, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Targetkan Juara Umum POPDA, 75 Atlet Pelajar Kecamatan Kedungwaringin Siap Tampil Maksimal
UMUM   Jul 24, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik