Rabu, 10 Agustus 2022

Camat Cibitung Optimalkan Kebersihan dan Penataan Lingkungan pada Lomba Kampung Bersih Makin Berani

PEMERINTAHAN   Jul 3, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 2.402 Kali


id5102_Compress_20220703_223201_1225.jpg
Kecamatan Cibitung menggelar kick off Lomba Kampung Bersih Makin Berani bersama Setwan DPRD Kabupaten Bekasi, Bappeda, RSUD Kabupaten Bekasi dan Kelurahan Wanasari bersihkan sampah di Underpass Cibitung hingga Jalan Bosih Raya, Minggu (03/07/22). / Foto : Nurachman Akbar/Newsroom

CIBITUNG – Kecamatan Cibitung secara resmi melakukan kick off Lomba Kampung Bersih Makin Berani di setiap desa dan kelurahan, pada Minggu (03/07/22).

Lomba Kampung Bersih Makin Berani di Kecamatan Cibitung, melibatkan unsur masyarakat mulai dari tingkat RW hingga tingkat RT untuk bersama-sama melakukan pembersihan dan penataan lingkungan.

Camat Cibitung, Encun Sunarto berharap Kecamatan Cibitung dapat keluar sebagai yang terbaik dalam perlombaan kebersihan tingkat Kabupaten Bekasi itu, mengingat telah banyaknya inovasi yang diluncurkan, seperti dalam program Bank Sampah yang telah berjalan di Kecamatan Cibitung.

“Iya, hari ini semua desa dan kelurahan melakukan bersih-bersih lingkungan sebagaimana yang dicanangkan Pj Bupati Bekasi dalam Lomba Kampung Bersih Makin Berani. Kami optimis karena Kecamatan Cibitung sudah mampu menekan pembuangan sampah ke TPA melalui pemberdayaan bank sampah. Kita juga sedang membangun TPS3R yang nantinya akan jauh lebih membantu lagi dalam pengelolaan sampah rumah tangga,” ucap Encun Sunarto yang turun langsung melakukan bersih-bersih di Jl Bosih Raya.

Encun menjelaskan, kegiatan bersih-bersih lingkungan ini nantinya akan dinilai secara bertahap mulai dari tingkat RW, desa, kecamatan hingga ke tingkat Kabupaten Bekasi melalui tim yang telah dibentuk oleh Pj Bupati Bekasi. 

Dirinya juga mengapresiasi peran aktif setiap Rukun Warga (RW) yang tersebar di setiap desa dan kelurahan yang secara maksimal melakukan gotong royong demi menciptakan lingkungan yang bersih, indah dan sehat melalui Lomba Kampung Bersih Makin Berani ini.

“Animo masyarakat sangat tinggi sekali ya, semuanya turun ke lapangan untuk membersihkan dan mengangkat sampah-sampah yang ada di lingkungan," ujarnya.

Kegiatan bersih-bersih ini, kata Encun, akan dilakukan secara berkelanjutan dan bisa menjadi agenda rutin setiap RW untuk menjaga kebersihan lingkungannya.

Lurah Wanasari, Sarkum menambahkan, bersih-bersih lingkungan di wilayahnya, dilakukan di 43 RW, yang tersebar di 25 perumahan dan 5 perkampungan di Kelurahan Wanasari.

“Hari ini secara serentak 43 RW di Kelurahan Wanasari melakukan bersih-bersih sampah liar yang masih ada di sekitar pemukiman warga. Alhamdulillah semua berjalan dengan lancar dengan semangat gotong royong dari semua pihak yang terlibat,” kata Sarkum.

Lebih lanjut, Sarkum memaparkan, Kelurahan Wanasari sendiri selama ini telah menyabet banyak prestasi dalam hal kebersihan lingkungan, pengolahan sampah terpadu, hingga daur ulang sampah menjadi berbagai macam jenis olahan seperti kerajinan tangan hingga ekoenzim.

“Kelurahan Wanasari sendiri memang menjadikan kebersihan, kesehatan dan keindahan lingkungan sebagai program kerja. Terakhir kita bahkan berhasil juara Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) tingkat Provinsi Jawa Barat,” ujarnya.  

Dukungan terhadap lomba kampung bersih makin berani di wilayah Cibitung, juga dilakukan oleh Sekwan DPRD Kabupaten Bekasi, Rahmat Atong, Plt. Bappeda Entah Ismanto beserta jajarannya dan perwakilan dari RSUD Kabupaten Bekasi, yang turut serta membersihkan sampah-sampah yang ada di Underpass Cibitung hingga sepanjang jalan Bosih Raya.

Reporter : Nurachman Akbar

Editor      : Yus Ismail

 

Berita Lainnya

Dua Desa Wakili Kecamatan Cibarusah dalam Lomba Kampung Bersih Makin Berani
PEMERINTAHAN   Aug 10, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Penyusunan Masterplan Smart City, Diskominfosantik Undang Komunitas Lintas Sektor
PEMERINTAHAN   Aug 9, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Perbaiki Infrastruktur Jalan di Perbatasan Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Bogor
PEMERINTAHAN   Aug 9, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pj Bupati Bekasi Hadiri Penyerahan Hasil Evaluasi SAKIP dan RB Instansi Pemerintah
PEMERINTAHAN   Aug 9, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
4 Desa di Kecamatan Tambelang Ikuti Penilaian Lomba Kampung Bersih Makin Berani
PEMERINTAHAN   Aug 9, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik