Jumat, 20 Mei 2022

Camat Cibitung bersama Dandim 0509/Kabupaten Bekasi Launching Gerakan Tanam 6.000 Pohon di DAS CBL

PEMERINTAHAN   Mar 15, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 2.986 Kali


id4354_Compress_20220315_234054_4099.jpg


CIBITUNG - Pemerintah Kecamatan Cibitung melaunching Gerakan Tanam 6.000 Pohon di Daerah Aliran Sungai Cikarang Bekasi Laut (CBL) bersama dengan Komandan Kodim (Dandim) 0509/Kabupaten Bekasi, di Desa Wanajaya Kecamatan Cibitung, Selasa (15/03/22).

Penanaman pohon pertama dilakukan oleh Dandim 0509/Kabupaten Bekasi, Letkol Inf M. Horison Ramadhan dan selanjutnya dilakukan oleh Camat Cibitung serta Kepala Desa Wanajaya. Kegiatan penanaman 6.000 pohon tersebut juga turut dihadiri oleh Muspika Cibitung, Babinsa dan Babinkamtibmas, warga Desa Wanajaya serta pihak-pihak terkait lainnya.

Komandan Kodim (Dandim) 0509/Kabupaten Bekasi, Letkol Inf M. Horison Ramadhan menyambut baik kegiatan penanaman pohon di sepanjang bantaran Sungai CBL tersebut. Menurutnya, kegiatan penanaman di Daerah Aliran Sungai (DAS) merupakan langkah yang tepat dan perlu dilakukan sejak dini untuk mengurangi permasalahan banjir yang sangat berpotensi merugikan masyarakat.

"Penanaman 6.000 pohon di daerah aliran sungai ini tentu sangat berperan penting dalam menjaga lingkungan termasuk menjaga kualitas air, mencegah banjir dan mencegah bahaya erosi tanah. Semoga pohon-pohon yang sudah ditanam ini bisa dirawat dengan baik oleh masyarakat," kata Letkol Inf M. Horison.

Horison mengatakan, penghijauan sangat perlu dilakukan oleh masyarakat sebagai salah satu cara melestarikan alam. Mengingat bahwa pohon mempunyai banyak sekali manfaat, tidak hanya bagi lingkungan atau alam, namun juga bagi masyarakat secara umum.

Camat Cibitung, Encun Sunarto menjelaskan, 6.000 pohon yang ditanam di sepanjang daerah aliran sungai CBL adalah jenis pohon yang memiliki batang yang kuat sehingga sangat tepat bila penghijauan dilakukan di tempat strategis seperti daerah yang menjadi bantaran aliran sungai tersebut.

"Iya 6.000 pohon jenis eukaliptus ini akan kita tanamkan di sepanjang DAS Sungai CBL, kurang lebih jaraknya 3 sampai 4 kilometer," kata Encun.

Encun menambahkan, pemerintah kecamatan dan pemerintah desa sangat memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat termasuk pihak yang membantu pemerintah kecamatan dalam menyediakan pohon dengan jumlah yang sangat banyak.

Dirinya juga memaparkan bahwa, Pemerintah Kecamatan Cibitung menjadikan penghijauan ini sebagai program yang akan berlanjut untuk mendukung pemberdayaan masyarakat dengan menghadirkan destinasi agrowisata.

"Kita akan mencoba merealisasikan destinasi agrowisata, kita akan merubah stigma daerah penyangga perkotaan menjadi objek wisata dengan lahan hijau yang memiliki banyak manfaat," katanya.

Kepala Desa Wanajaya, Nurdin Khalid menambahkan, pemerintah desa akan menindaklanjuti program yang telah menjadi konsep dari pemerintah kecamatan. Dirinya akan menambahkan jenis-jenis tanaman atau pohon-pohon yang lebih bermanfaat sebagai upaya pengalihan fungsi lahan DAS Sungai CBL.

"Selanjutnya kita akan menanam lebih banyak lagi pohon-pohon yang menghasilkan buah. Misalnya, Pohon Jambu Kristal, Pohon Klengkeng, dan buah-buahan lainnya karena jika kita lihat dari kontur tanahnya sangat subur," ujarnya.

Reporter : Nur Rachman Akbar

Editor      : Yus Ismail

Berita Lainnya

Produksi Ikan Bandeng Capai 11 Ribu Ton Per Tahun
PEMERINTAHAN   May 20, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Usai Idul Fitri, Satpol PP Gencarkan Penertiban PMKS
PEMERINTAHAN   May 20, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Ratusan Siswa SMA Digembleng Pengawasan Partisipatif
PEMERINTAHAN   May 19, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Plt Bupati Akhmad Marjuki Lantik 163 Pejabat Fungsional Pemkab Bekasi
PEMERINTAHAN   May 19, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Kampung KB Tunas Bangsa Kertarahayu Ikuti Penjurian Tahap II Tingkat Provinsi Jabar
PEMERINTAHAN   May 18, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik