Rabu, 01 Desember 2021

Calung Dalengket Diajukan Masuk Warisan Budaya Jawa Barat

PENDIDIKAN   Jun 2, 2021  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 4.614 Kali


9IMG-20210602-WA0150.jpg


CIKARANG PUSAT – Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Bekasi akan mengajukan kesenian yang hampir punah yaitu Calung Dalengket sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) ke provinsi Jawa Barat. Kesenian yang identik dengan hiburan dimasa musim panen padi itu akan dikenalkan dan dikembangkan kembali sebagai kesenian khas Kabupaten Bekasi. 

“Kalau misalkan terpilih oleh provinsi Jawa Barat, nantinya kesenian Calung Dalengket akan mendapatkan bantuan seperti pendanaan atau peralatan. Pemerintah Kabupaten Bekasi memiliki kewajiban memperkenalkan kembali kesenian itu,” jelas Kepala Seksi Sejarah, Tradisi dan Keseninan Disbudpora Kabupaten Bekasi, Uwais pada Rabu (02/06). 

Uwais menjelaskan, Citi khas permainan Calung Dalengket tidak memakai renteng dan tidak memakai tusukan. Pemain cukup duduk berselonjor dan calung dalengketnya itu diletakan diatas kaki yang selonjoran. 

Pemainya terdiri dari ibu-ibu dan bapak-bapak. Untuk terompet dan kendangnya biasanya dimainkan oleh bapak-bapak. 

“Bagi masyarakat yang iseng-iseng, biasanya calung dalengket ini dimainkan. Kesenian ini masih ada yang memainkan di daerah Rawa Binong dan Kandang Gereng, jadi ada kelompok," ujarnya.

Uwais mengakui jika keberadaan kesenian Calung Dalengket saat ini tergerus dengan zaman. Salah satu penyebab kesenian ini hilang yaitu adanya pergeseran pertaninan ke lahan basah, dimana masyarakat serba cepat dalam mengelola hasil tanamnya seperti penggunaan mesin potong padi di lahan pertanian. 

“Biasanya dulu, padi setelah dipotong kan ada gagangnya, diikat lalu dijemur. Satu ikat dengan ikatan lainnya digabungkan jadi satu gedeng setelah itu dijemur. Nah biasanya untuk menunggu itu masyarakat memainkan kesenian berupa calung untuk menghibur,” ungkapnya. 

Uwais berharap keseninan Calung Dalengket ini bisa terpilih sebagai WBTB oleh Pemprov Jabar. Dengan begitu, nantinya pemerintah daerah memiliki kewajiban untuk menghidupkan kembali kesenian tersebut sebagai kekayaan budaya yang dimiliki Kabupaten Bekasi.

“Agar mudah mengenalkan ke masyarakat, bisa saja nanti keseninan Calung Dalengket ini dikolaborasi dengan alat kesenian modern lainnya,” katanya.

Reporter : Fuad Fauzi

Editor       : Yus Ismail

Berita Lainnya

Siswa SDN Bojongmangu 03 Ikuti Festival Tunas Bahasa Ibu Tingkat Jawa Barat
PENDIDIKAN   Nov 29, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Plt. Bupati Ajak Anak Muda Berkontribusi Membangun Kabupaten Bekasi
PENDIDIKAN   Nov 27, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Hari Guru Nasional, Camat Sukatani Kunjungi Para Guru di SDN 01 Sukamanah
PENDIDIKAN   Nov 25, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Camat Bojongmangu Beri Surprise Tumpeng untuk PGRI
PENDIDIKAN   Nov 25, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Apresiasi Jasa Guru, Disdik Lepas Purna Bhakti Tenaga Pendidik
PENDIDIKAN   Nov 23, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik