Minggu, 28 November 2021

BPN Serahkan 200 Sertifikat Tanah untuk Warga Desa Ridogalih

PEMERINTAHAN   Oct 22, 2021  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 1.191 Kali


65IMG_20211022_213234.jpg


CIBARUSAH–Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bekasi menyerahkan 200 sertifikat tanah untuk warga Desa Ridogalih, Kecamatan Cibarusah, di Aula Kantor Desa Ridogalih, Jumat (22/10/2021). 

Penyerahan sertifikat tanah itu merupakan bagian dari 3.370 bidang tanah yang masuk dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2021.

“Alhamdulillah hari ini kami serahkan 200 sertifikat kepada masyarakat Desa Ridogalih. Mudah-mudahan sertifikat yang kami serahkan ada manfaatnya. Salah satunya mungkin untuk usaha dengan cara meminjam modal ke Bank,” kata Pengawas PTSL Desa Ridogalih, Suprananta, usai menyerahkan sertifikat.

Dirinya mengatakan, untuk wilayah Ridogalih sendiri sebagian besar merupakan tanah darat yang mendaftarkan di PTSL. Karena kebanyakan tanah sawah di daerah itu sebagian besar pemiliknya bukan warga asli Ridogalih.

“Kalau di Ridogalih sebagain besar tanah darat, walaupun potensi sawah banyak hanya permasalahannya pemilik bukan penduduk asli. Tapi akan kami maksimalkan agar bisa daftar nanti akan minta bantuan Kades dan aparat desa, mudahan-mudahan tanah sawah juga bisa di sertifikatkan,” jelas dia.

Untuk kuota Desa Ridogalih di PTSL tinggal meningkatan dari K3 menjadi K1 tinggal pendaftarannya saja. 

Suprananta berharap, untuk tahun sekarang minimal 85 persen sudah menjadi sertifikat, karena program itu tidak akan datang dua kali, jadi kesempatan yang ada harus bisa dimaksimalkan.

“Sepanjang ini untuk Desa Ridogalih tidak ada masalah, bahkan untuk pungli juga bisa diatasi, tapi perlu diketahui ada biaya atas kesepakatan antara desa dengan masyarakat sebesar Rp 150 ribu yang memang itu dipayungi oleh keputusan tiga menteri,” tegasnya.

Sementara, Kepada Desa Ridogalih Komarudin menambahkan bahwa Ridogalih sudah menjadi desa lengkap, terbukti antusiasme masyarakat yang ikut dalam program PTSL dan data yang sudah masuk ke BPN.

“Alhamdulillah masyarakat saya sudah mendapatkan bantuan sertifikat dari program PTSL sekaligus mau dijadikan sebagai desa lengkap. Memang kami masih kesulitan untuk mendata keseluruhan. Tapi antusias warga sangat luar biasa dan terlihat gembira masyarakat yang sudah memiliki sertifikat, kami ucapkan terima kasih kepada program PTSL,” katanya.

Komarudin menambahkan untuk program PTSL yang digelar pada hari ini merupakan pembagian sertifikat yang ke-4 kalinya, dan berjalan kondusif seperti biasa. 

“Alhamdulillah berjalan normal. Ini pembagian yang ke 4 kali dan sudah keluar 550 bidang di Ridogalih, sedangkan untuk data yang sudah masuk ke BPN untuk Desa Ridogalih sebanyak 3.370 bidang,” jelasnya.

Sementa itu, Usup (43) salah satu masyarakat Desa Ridogalih sangat senang dan mengucapkan terimakasih atas sertifikat yang dirinya sudah terima dalam program PTSL dan mengatakan belum ada niatan untuk memanfaatkan sertifikat tersebut.

“Senang sekali sudah dikasih bantuan sertifikat dari program PTSL, berkat sosialisasi dari desa kami juga antusias karena tidak ada pungutan selain yang Rp 150 ribu, itu aja. Rencana sertifikat saya simpan saja belum ada niat buat apa-apa mungkin nanti,” singkatnya.

Reporter : Soni Suganda

Editor      : Yus Ismail

Berita Lainnya

Warga Sindangmulya Ikuti Sosialisasi Obat dan Makanan dari BPOM Jabar
PEMERINTAHAN   Nov 26, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Sosialisasi Pelimpahan Sebagian Kewenangan Bupati kepada Camat
PEMERINTAHAN   Nov 25, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Plt Bupati Bekasi Hadiri Maulid Nabi dan Resmikan Masjid Al Fikri
PEMERINTAHAN   Nov 25, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemdes Pantai Bahagia Benahi Infrastruktur Lingkungan di Kampung Beting
PEMERINTAHAN   Nov 25, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
TP PKK Wanasari Berpeluang Raih Juara Tingkat Provinsi
PEMERINTAHAN   Nov 25, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik