Rabu, 01 Desember 2021

BPD Cikarang Selatan Adakan Bimtek Peningkatan Kapasitas Anggota

PEMERINTAHAN   Oct 29, 2021  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 1.207 Kali


45WhatsApp Image 2021-10-29 at 06.47.07.jpeg


BOGOR - Camat Cikarang Selatan, Agus Dahlan membuka langsung  bimbingan teknis (bimtek) peningkatan kapasitas Badan Permusyawaratan Desa (BPD)  se - Kecamatan Cikarang Selatan, di Sabrina Hall, Hotel New Ayuda, Kecamatan Megamendung,  Kabupaten Bogor yang berlangsung selama dua hari pada 28-29 Oktober 2021.

Ia mengatakan kegiatan bimtek tersebut merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap tahun sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan serta pengetahuan anggota BPD dengan narasumber yang kompeten seperti dari Inspektorat Kabupaten Bekasi serta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Sesuai Undang-Undang Desa Nomor 06 Tahun 2014 tentang desa, peran BPD ini sangat vital, terkait dengan penyusunan rancangan peraturaan desa, menyerap aspirasi masyarakat desa serta mengawasi kinerja kepala desa. Dengan adanya bimtek ini mereka harus update perkembangan regulasi tentang desa, ” ujarnya usai acara.

Untuk itu menurutnya anggota BPD khususnya di Kecamatan Cikarang Selatan perlu dibekali dengan ilmu-ilmu supaya kemampuannya dari tahun-ketahun terus meningkat. Hal itu sangat penting dalam menjalankan sebagai fungsi legislatif bersinergis dengan kepala desa dalam membangun desa.

“Kemampuan manusia itu terbatas, terkadang ada lupanya mungkin karena faktor usia makanya selalu kita ingatkan melalui bimtek kapasitas seperti ini,” tambahnya.

Senada Ketua Forum BPD Kecamatan Cikarang Selatan, H Bakar Karta Dinata mengatakan dengan kegiatan bimtek ini anggota BPD di Kecamatan Cikarang Selatan harus update perkembangan regulasi yang terus berubah dan bertambah khususnya yang berkaitan dengan desa.

“Kalau pengetahuan itu-itu saja maka akan ketinggalan terutama dalam penyusunan peraturan desa (Perdes) maka harus kita mengimbangi dengan bimtek semacam ini,” ujar pria yang juga Ketua BPD Desa Sukasejati.

Ia juga menyampaikan masih ada hambatan atau kesulitan komunikasi antara BPD dengan kepala desa kaitan ruang terbuka untuk membicarakan permasalahan-permasalahan di desa yang perlu ditingkatkan yang seharusnya berjalan beriringan kadang terjadi kesalahpahaman.

“Makanya bimtek itu salah satunya adalah mereka kita bekali untuk itu. Selama ini BPD masih banyak yang pasif kita dorong untuk aktif jangan diam kita musyawarahkan dengan kades agar kita bisa bersama-sama membangun di desa,”tambahnya.

Ia menilai Kemampuan sumber daya manusia (SDM) BPD di Cikarang Selatan terus meningkat seiring dengan diadakannya bimtek-bimtek, termasuk mengimbangi perkembangan-perkembangan di desa yang juga terus berubah.

“Contohnya terkait pandemi yang sebelumnya tidak kita perkirakan pada RPJMDes ternyata dengan bimtek ini kita bisa tahu regulasinya serta kemungkinan-kemungkinan yang harus kita batasi. Harapan saya dengan bimtek ini BPD mendapatkan materi dari pemateri yang kompeten, lalu kita bawa ke desa untuk bekerja lebih baik lagi dan bekerja sama dengan kepala desa membangun desanya, dan bermanfaat bagi masyarakat,” terangnya. (*)

EDIITOR: TATA JAELANI

Berita Lainnya

Camat Sukatani : Maulid Nabi Momentum untuk Memperbaiki Diri dan Teladani Sifat Rasulullah
PEMERINTAHAN   Dec 1, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Plt Bupati Bekasi Mengambil Sumpah/Janji 464 PNS di Lingkungan Pemkab Bekasi
PEMERINTAHAN   Dec 1, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Badan Kesbangpol Kabupaten Bekasi Gelar Sosialisasi P4GN
PEMERINTAHAN   Nov 30, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Plt Bupati Bekasi Hadiri Rapat Paripurna Penetapan APBD Tahun 2022
PEMERINTAHAN   Nov 30, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Terima Penghargaan GP2SP dari Kementerian Kesehatan
PEMERINTAHAN   Nov 29, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik