APLICARES
Aplikasi Pencarian Fasilitas Kesehatan


berita

Perhari produk Sampah capai 2000 ton

TPA Burangkeng Akan Diperluas

Dwi Oktavianto | Jumat, 17 Maret 2017 - 12:29:34 WIB | dibaca: 2108 pembaca

Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, mengalami krisis lahan tempat pembuangan akhir (TPA). Akibatnya, hampir separuh jumlah sampah warga di wilayah itu tak terangkut ke TPA Burangkeng di Kecamatan Setu

Kabid Kebersihan pada Dinas Kebersihan Kabupaten Bekasi, Dody Agus Supriyanto mengatakan, jumlah produksi sampah warganya mencapai 1.500 ton sehari. Namun, yang bisa ditampung ke TPA hanya mencapai 750 ton.

"Ini karena keterbatasan lahan, armada, dan jumlah petugas," kata Dody.

Doddy mengatakan, lahan TPA Burangkeng memiliki luas sebelas hektar terbagi empat zona. Sedangkan, gunungan sampah sudah mencapai 20 hingga 25 meter. Sehingga, menyulitkan petugas dalam membuang sampah.

"Kami berencana memperluas hingga tiga hektar, karena yang ada saat ini tidak mampu menampung sampah setahun ke depan," ujar Dody.

Solusi lain, kata Dody, pihaknya akan mendapatkan bantuan hibah alat pengolah sampah menjadi listrik. Bantuan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral berupa mesin pirolisis bakal dipasang bulan depan di TPA Burangkeng.

"Kapasitasnya mampu mengolah sampah hingga 100 ton per hari, dan mampu menghasilkan listrik hingga 1 mega watt. Listrik ini nantinya dijual ke PLN," ucap Dody.

Menurut Dody, jika proyek percontohan oleh Kementerian ESDM sukses, diharapkan mesin itu dapat ditambah, sehingga krisis lahan dapat teratasi.dwi










    Komentar Via Website : 3
    Cara Menyembuhkan Sakit Maag Kronis
    17 Maret 2017 - 16:06:52 WIB
    Cara Menyembuhkan Sakit Maag Kronis

    okok://qncjellygamattradisional.com/cara-men yembuhkan-sakit-maag-kronis/
    aifgitar
    18 Maret 2017 - 16:53:40 WIB
    bagaimana kalao sampah bisa di daur ulang.
    Henky Sutanto
    13 Juli 2017 - 15:54:27 WIB
    sampah yg numpuk di TPA Burangkeng bisa diolah jadi arang dan arang dipakai untuk bangkitkan listrik. Hilang gunungan sampah, bangkit listriknya. Sampah segar diolah dulu untuk sementara diambil gas metannya. Lokasi TPA Burangkeng perlu revitalisasi, pakai sistem TPST-RSL.Gen9 (sustainable wet-cell system). tidak perlu cari lokasi baru. mungkin perlu sedikit tambahan lahan sekeliling TPA selebar 50m untuk jadi RTH/buffer-zone dengan pemukiman masyarakat.
    AwalKembali 1 LanjutAkhir


    Nama

    Email

    Komentar



    Masukkan 6 kode diatas)