APLICARES
Aplikasi Pencarian Fasilitas Kesehatan


berita

Staff Ahli Menteri Jelaskan Ciri Berita Hoax

Ahmad Djaelani | Kamis, 18 Mei 2017 - 02:16:43 WIB | dibaca: 383 pembaca

Peredaran berita bohong alias hoax di jejaring media sosial sangat meresahkan masyarakat. Untuk melihat bagaimana ciri-ciri berita hoax, staff ahli Menteri Komunikasi dan Informatika Henry Subiakto memberikan penjelasannya.

Menurut Henry Subiakto, ciri utama dari berita hoax adalah berita yang mengajak dan menghasut masyarakat untuk membenci suatu kalangan tertentu. Selain itu juga jenis berita hoax adalah yang menyampaikan pesan kebencian, perselihian dan permusuhan.

Tak sekedar hal itu saja, berita hoax juga sering memunculkan fitnah dan mengajak kebencian pada kelompok tertentu dengan merekayasa foto dan fakta. "Ciri-ciri berita hoax membuat kebencian dan kecemasan. Hati-hati pada permusuhan dan ajakan untuk memusuhi bangsa sendiri oleh berita hoax," kata Henry Subiakto, Rabu (17/05/2017).

Berita hoax saat tersebar di jejaring media sosial juga mengajak kepada para pengguna untuk memviralkan berita tersebut. Ini dilakukan agar berita hoax yang dibuat penyebarannya semakin meluas dan semakin memberikan pesan kecemasan kepada masyarakat.

"Minta diviralkan itu juga ciri-cirinya. Hati-hati jangan menyebarkan info membenci orang atau kelompok tertentu dan jangan percaya," tambahnya.

Media tidak kredibel yang menyebarkan berita palsu, dapat diketahui juga dari namanya yang menggabungkan media arus utama.

Lebih lanjut menurut Hendry beredarnya berita hoax melalui media abal-abal dapat menimbulkan perkumpulan orang-orang yang merasa memiliki pemahaman yang sama atau efek "echo chamber".

“Dampak berita bohong sangat berbahaya karena dapat menimbulkan perpecahan, pengelompokan dan radikalisme,” tutup Henry. 










    Komentar Via Website : 0


    Nama

    Email

    Komentar



    Masukkan 6 kode diatas)