APLICARES
Aplikasi Pencarian Fasilitas Kesehatan


Nasional

Presiden Siapkan Skema KUR Khusus Petani

Yudhistira | Selasa, 06 Desember 2016 - 21:19:56 WIB | dibaca: 125 pembaca

Presiden Jokowi akan membuat skema kredit usaha rakyat (KUR) khusus petani. Skema khusus dinilai penting karena penyaluran KUR ke petani selama ini masih sangat rendah. 

"Skema yang ada saat ini masih terlalu umum. Perlu ada skema khusus bagi petani," kata Jokowi. 

Skema yang ada saat ini menyulitkan petani mendapatkan KUR dari perbankan. Sebab, petani akan kesulitan membayar angsuran kredit karena pendapatan petani harus menunggu musim. Sedangakan cicilan KUR harus dibayar setiap bulan. 

"Tahun depan alokasi KUR sekitar Rp 120 T. Sektor pertanian harus mendapat perhatian lebih."

Satu lagi yang tidak kalah penting, Presiden juga menginginkan agar koperasi-koperasi di desa-desa kembali digiatkan, dan difokuskan untuk menyalurkan KUR bagi sektor pertanian.

Jokowi mengaku telah mendapat laporan, bahwa saat ini luas lahan pertanian kita sebesar 36,8 juta hektar namun belum sepenuhnya dimanfaatkan secara maksimal. Salah satu contoh ada luas lahan persawahan 8,1 juta hektar namun baru 4,1 juta yang dialiri irigasi. Itu pun masih perlu dilakukan beberapa perbaikan dan normalisasi.

Presiden meminta jajaran kementerian/lembaga terkait mengenai perlunya fokus dalam mengatasi permasalahan sarana dan prasarana pertanian ini. Hal ini karena, menurut Presiden, masih terdapat 4 juta hektar lahan persawahan yang belum terairi oleh irigasi. Masih terdapat 5,02 juta hektar huma atau ladang dan 12,01 juta hektar tegal atau kebun seluas yang perlu dibuatkan kantong air atau embung agar bisa menanam 2 kali dalam setahun.

“Tidak ada pilihan lain kecuali kita harus mengembangkan sumber-sumber air, seperti normalisasi sungai, memperbaiki saluran irigasi primer dan sekunder, serta membangun kantong-kantor air atau embung-embung,” tutur Presiden.











Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)