APLICARES
Aplikasi Pencarian Fasilitas Kesehatan


berita

Penerapan e-Government Mudahkan Pemda

Ahmad Djaelani | Rabu, 04 Oktober 2017 - 13:05:12 WIB | dibaca: 79 pembaca

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) meluncurkan penerapan e-Government, yaitu pengelolaan sistem pemerintahanyang  berbasis elektronik. Penerapan kebijakan ini dilakukan untuk mewujudkan birokrasi pemerintahan yang efektif dan efisien dalam melakukan program kerja dan pelayanan publik.

Menteri PAN-RB, Asman Abnur menyampaikan bahwa penerapan e-Goverment penting dilakukan untuk bisa mempermudah kegiatan pelaksanaan pemerintah. Berbagai kegiatan dengan menggunakan e-Goverment akan jauh lebih mudah dan efisien, tidak perlu repot secara manual.

Menurut Asman dirinya pernah berkunjung ke daerah dimana Pemda diwilayah tersebut harus jauh-jauh ke Jakarta hanya untuk mengatarkan formasi CPNS. Lebih dari itu menurutnya saat pulang harus ada cap SPPDnya.

“Saya pikir ini akan jadi efisiensi yang luar biasa kalau mengubahnya dengan e-Government. Jadi kita bangun satu command center yang himpun data. Jadi setiap saat yang mau mengajukan CPNS manapun bisa melalui elektronik di e-Formasi," tutur Asman Rabu (4/10/2017).

Untuk mengakses layanan e-Government, dapat langsung masuk ke situs Kementerian PAB-RB di menpan.go.id. Ada 8 program aplikasi yang dijalankan dalam e-Goverment ini. Antara lain e-Office, e-Salam, e-Karpeg, e-Data, e-Performance, DC dan DRC, SIJAPTI.

e-Office adalah sebuah sistem informasi persuratan elektronik, informasi kepegawaian, serta layanan penugasan dan tata usaha. SMART merupakan kependekan dari Sigap, Melayani, Amanah, Ramah dan Teliti.

Kemudian e-Office yakni fungsi checker, maker dan signer. Di mana bisa mendapat approval di mana saja, kemudahan akses dari berbagai tempat dan perangkat, statistik kehadiran pegawai dan tamu, reservasi ruang rapat dilakukan secara elektronik, dan slap diintegrasikan dengan aplikasi e-Office nasional.

Berikutnya e-Salam yakni aplikasi layanan Kementerian PANRB berbasis web dan terintegrasi. Fungsinya, untuk memberikan informasi yang lebih cepat, tepat dan akurat kepada seluruh stakeholders mengenai perkembangan proses berbagai layanan di bidang pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi.

Dengan pelayanan yang transparan, cepat dan akuntabel berbasis elektronik ini, diharapkan dapat meningkatkan kepuasan stakeholders terhadap layanan yang diberikan Kementerian PANRB.

Layanan e-Salam meliputi penetapan tunjangan kinerja, penataan kelembagaan, persetujuan hari dan jam kerja, izin prinsip pakaian dinas, penetapan tunjangan fungsional, penetapan kelasjabatan, penetapan hak keuangan pimpinan/anggota LNS, penetapan tunjangan jabatan fungsional, dan nara sumber sosialisasi.

Aplikasi e-Karpeg, adalah kartu identitas multifungsi. Selain berfungsi sebagai kartu identitas pegawai, e-Karpeg pun dapat digunakan untuk akses ruangan kerja, ATM serta dilengkapl fasilitas uang elektronik.

Sedangkan e-Data merupakan inovasi untuk mengintegrasikan data pegawal Kementerian PANRB dengan data Badan Kepegawaian Negara (BKN) serta data Tabungan dan Asuransi Pensiun (Taspen). 










    Komentar Via Website : 3
    sehat alami herbal
    06 Oktober 2017 - 09:44:55 WIB
    sukses vroh okoks://sehatalamiherbalsite.wordpress.com
    Agen QnC Jelly Gamat Surakarta
    12 Oktober 2017 - 10:10:17 WIB
    Informasinya sangat Menarik Untuk kita simak.
    Agen Jelly Gamat QnC Kota Kebumen
    12 Oktober 2017 - 10:17:06 WIB
    Informasinya sangat menarik, di tunggu informasi terbarunya. okoks://bekasikab.go.id.gl/PLWG4D
    AwalKembali 1 LanjutAkhir


    Nama

    Email

    Komentar



    Masukkan 6 kode diatas)