APLICARES
Aplikasi Pencarian Fasilitas Kesehatan


berita

Pemerintah Segera Rancang Sisitem Badan Siber Nasional

Septiaji | Selasa, 10 Januari 2017 - 00:48:37 WIB | dibaca: 71 pembaca

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto menegaskan dibentuknya Badan Siber Nasional (Basinas) tak semata untuk menanggulangi masalah terorisme di tanah air.

Basinas nantinya diharapkan dapat mengamankan sistem perbankan atau bank di Indonesia dari serangan cyber dalam dan luar negeri.

"Dengan ada proteksi cyber ini sasaran kita salah satunya adalah perbankan, memproteksi itu. Ya, menepis serangan cyber supaya enggak bisa masuk ke mereka," katanya.

Sistemnya akan segera diatur agar bisa segera diterapkan. Karena itu, Basinas nantinya akan menaungi seluruh badan cyber yang sudah di kementerian/lembaga yang dimiliki pemerintah, termasuk punya swasta demi tujuan yang sama.

"Nanti sistem kita atur, sistemnya kita desain agar serangan cyber apapun dapat kita tanggulangi bersama. Iya semua, enggak akan dibubarkan yang lain. Jadi memayungi seluruh divisi cyber yang ada secara nasional. Jadi terpusat, di negara lain juga sama, tidak akan tumpang tindih. Bahkan di negara lain ada departemen khusus mengurusi permasalahan cyber,” bebernya.

Presiden Joko Widodo diketahui sudah dua kali memberi arahan mengenai hal tersebut dalam rapat terbatas kabinet. Dasar hukum Basinas sendiri berupa Peraturan Presiden (Perpres) yang akan segera terbit.










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)