APLICARES
Aplikasi Pencarian Fasilitas Kesehatan


Nasional

Pemerintah Pastikan Blanko E-KTP Sudah Siap di Kabupaten Bekasi

Septiaji | Selasa, 30 Mei 2017 - 15:39:00 WIB | dibaca: 338 pembaca

BEKASKAB - Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Zudan Airf Fakrulloh memastikan tidak akan ada lagi persoalan kekosongan blangko kartu tanda penduduk elektronik.

Ketersediaan blangko dinilai telah mencukupi, bahkan beberapa di antaranya telah disebar ke seluruh daerah. Pemerintah daerah diminta tidak lagi menolak pencetakan KTP-el karena alasan ketiadaan blangko.

Hal tersebut diungkapkan Zudan saat melakukan inspeksi mendadak di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bekasi, baru-baru ini.

Menurut dia, blangko KTP-el masih tersedia lebih dari satu juta keping di Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil. Jumlah itu diklaim cukup untuk kebutuhan sebulan.

“Sekarang kami di pusat masih tersedia satu juta keping, masih banyak, diperkirakan habis satu bulan ke depan. Tapi akan ada proses pengadaan lagi, sehingga ketersediaan blangko KTP-el mencukupi. Distribusi pun terus dilakukan,” kata dia.

Pada kedatangannya ini, Zudan meminta spanduk yang terpampang di depan Kantor Disdukcapil Kabupaten Bekasi dicopot. Spanduk itu menginformasikan bahwa blangko KTP-el telah habis sejak Oktober.

Menurut dia, tidak akan ada lagi kekosongan blangko karena persediaan mencukupi.

“Makanya kami minta tiap daerah sebelum habis, ambil lagi ke pusat. Jangan sampai ada warga yang tidak terlayani,” kata dia.

Berdasarkan hasil pengecekan, kata Zudan, di Kabupaten Bekasi masih tersedia 15.000 keping blangko yang belum terpakai. “Itu bisa segera digunakan,” kata dia.

Meski blangko tersedia, pencetakan KTP-el masih diprioritaskan bagi mereka yang telah melakukan perekaman sebelum Desember 2016. Sedangkan warga yang baru melakukan perekaman mulai Januari 2017 hingga kini masih harus bersabar.

Karena sempat terjadi permasalahan teknis yang membuat data sulit diproses.

“Surat keterangan (suket) yang dibuat sebelum Desember bisa segera dicetak. Tapi yang Januari 2017 ke sini belum semuanya bisa. Saya selaku Dirjen minta maaf karena ada keterlambatan, kita juga paham sedang ada masalah (persoalan hukum dan kerusakan server data). Maka kita semua berhati-hati. Tapi bertahap kami buka sistemnya,” kata dia.

Warga yang telah melakukan perekaman sebelum Desember, lanjut Zudan, dapat segera mendatangi kantor kecamatan setempat atau Disdukcapil. Dengan membawa suket, KTP-el mereka dapat segera dicetak.

“Saya juga sudah minta ke Disdukcapil diverifikasi. Jika ada perubahan seperti status belum kawin menjadi kawin atau tambahan gelar dapat diubah sebelum KTP-el dicetak,” kata dia.










    Komentar Via Website : 0


    Nama

    Email

    Komentar



    Masukkan 6 kode diatas)