APLICARES
Aplikasi Pencarian Fasilitas Kesehatan


berita

Pemerintah Akan Siapkan Sistem Manajemen Kinerja ASN

Ahmad Djaelani | Sabtu, 05 Agustus 2017 - 03:20:10 WIB | dibaca: 188 pembaca

Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) akan menerapkan sistem sistem manajemen kinerja bagi setiap aparatur sipil negara (ASN). Sistem manajemen kerja ini nantinya akan memperjelas tugas dan tanggung jawab masing-masing ASN di lingkungan kerjanya.

Menurut keterangan Menteri PAN-RB Asman Abnur menyampaikan bahwa setiap Susunan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) harus memiliki standar kinerja yang wajib dipenuhi ASN sehingga mereka benar-benar bekerja sebagai abdi negara. "Pimpinan SOPD jangan merasa puas melihat serapan anggaran di atas 90 persen karena serapan bukan ukuran, juga opini Wajar Tanpa Pengecualian bukan ukuran kinerja ASN," tuturnya.

Menteri Asman menekankan agar ukuran ASN yakni kinerja apa yang mampu dihasilkan melalui anggaran tersedia dan pencapaian harus sesuai dengan program setiap SOPD yang direncanakan sebelumnya. "Misalnya, kepala dinas pertanian dinilai berhasil jika mampu meningkatkan produksi pertanian selama memimpin, bukan hanya menghabiskan anggaran yang dialokasikan," tambahnya.

Lebih lanjut kedepannya menurut Asman, pihaknya dari KemenPAN-RB akan okus mengawal manajemen kinerja melalui target kinerja yang harus dipenuhi setiap ASN dan model cara kerja seperti itu siap diterapkan di seluruh Indonesia.

"Jika ASN sudah mampu menunjukkan kinerja sesuai standar, baru bicara soal tunjangan kinerja. Kami yakin jika semua diterapkan, efisiensi dan efektivitas kerja tercapai," tambahnya.

Selain itu Asman juga berharap agar ASN dapat semakin inovatif dan professional dalam menunjukan kinerjanya, Sebab kedua faktor ASN itu sangat dibutuhkan oleh Indonesia saat ini. "Kita butuh ASN inovatif, bukan hanya datang ke kantor karena ingin mengisi absensi, takut pimpinan tetapi begitu di kantor tidak tahu apa yang dikerjakan," tambah Menteri Asman.










    Komentar Via Website : 0


    Nama

    Email

    Komentar



    Masukkan 6 kode diatas)