APLICARES
Aplikasi Pencarian Fasilitas Kesehatan


Daerah

Kualitas Pengelolaan Keuangan Desa Meningkat

Yudhistira | Selasa, 10 Oktober 2017 - 19:45:26 WIB | dibaca: 201 pembaca

Selama Tiga Tahun Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa terus mendorong agar pengelolaan keuangan dan asset pemerintahan desa bisa dilakukan secara transparan dan akuntabel. Hal ini didorong dengan penggunaan sistem informasi.

Disampaikan oleh Dirjen Bina Pemdes, Nata Irawan dalam keterangan pers nya kepada media dengan tema ‘Menguak Capaian 3 Tahun Kinerja Jokowi-JK dari Perspektif Bina Pemerintahan Desa dan Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Ada beberapa capaian diantaranya sosialisasi Permendagri 113/2014 tentang Pengelolaan Keuangan  kepada 11 Provinsi dan 66 kabupaten/kota,” kata Nata Irawan.

Kemendagri kata Nata sudah melakukan asistensi dan bimbingan teknis pengelolaan keuangan desa di daerah di 5 provinsi, 15 kabupaten, 42 desa (Sekdes dan Bendahara Desa).

“Penyusunan pedoman umum kodefikasi aset desa dan sosialisasi kebijakan terkait pengelolaan aset desa di 10 provinsi dan 10 kabupaten/kota,” ujarnya.

Pada tahun 2016 telah dilaksanakan pembinaan penyelenggaraan pengelolaan aset desa melalui kegiatan sosialisasi peraturan menteri dalam negeri tentang pedoman pengelolaan kekayaan milik desa, bimbingan teknis pengelolaan aset desa di 33 provinsi, 108 kab/kota, dan 241 desa (Kades).

“Untuk mendorong Pemerintah Daerah dalam meningkatkan PAD dan Pendapatan Desa lainnya telah disusun pedoman peningkatan PAD dan telah dilakukan sosialisasi di 3 provinsi terpilih (Banten, Maluku dan Kalimantan Barat) serta 26 Desa Terpilih (Kades),” paparnya.

Sosialisasi dan pelatihan kepada pemerintah daerah (Provinsi dan Kabupaten/Kota) serta pemerintahan desa untuk menerapkan sistem keuangan desa di seluruh Indonesia, berdasarkan data per 31 Agustus 2017 sudah 40.664 Desa yang  telah mengimplentasikan sistem keuangan desa (siskeudes) (Dikelola Bendahara Desa).










    Komentar Via Website : 1
    Jasa Outbound Malang
    11 Oktober 2017 - 10:17:05 WIB
    senang sekali dapat menemukan sekaligus membaca artikel anda. Ini sangat membantu. Selalu semangat untuk share karya anda. Sukses !
    www.outbound-malang.com
    www.malangoutbound.com
    AwalKembali 1 LanjutAkhir


    Nama

    Email

    Komentar



    Masukkan 6 kode diatas)