Rabu, 10 Agustus 2022

Balitbangda Sosialisasi Indeks Kepedulian Terhadap Isu Kependudukan

PEMERINTAHAN   Jul 13, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 907 Kali


id5188_Compress_20220713_210404_4483.jpg


CIKARANG UTARA – Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kabupaten Bekasi menggelar Sosialisasi Indeks Kepedulian Terhadap Isu Kependudukan (IKIK) Kabupaten Bekasi di Hotel Java Palace pada Rabu (13/07). 

Pada kegiatan tersebut juga sekaligus melaunching buku mengenai isu kependudukan di Kabupaten Bekasi. 

“Hari ini Balitbangda melaunchingkan buku mengenai isu-isu kependudukan yang kami beri judul Indeks Kependudukan di Kabupaten Bekasi,” ujar Kepala Balitbangda Kabupaten Bekasi, Entah Ismanto.

Menurutnya, indeks mengenai isu kependudukan di Kabupaten Bekasi ini sangat penting untuk mengetahui persoalan yang terjadi di Kabupaten Bekasi. Sehingga dapat diketahui langkah-langkah apa yang harus dilakukan Pemkab Bekasi dalam memberikan solusi atau penyelesainnya terkait isu kependudukan tersebut.

Dia menjelaskan, ada empat hal pokok mengenai isu kependudukan di Kabupaten Bekasi. Di antaranya mengani kualitas dan kuantitas penduduk, lingkungan dan mobilitas masyarakat. 

“Masalah kuantitas ini menjadi hal penting dengan jumlah penduduk yang ada di Kabupaten Bekasi dengan perkembangan penduduk, baik secara alamiah atau migrasi,” jelasnya.

Terkait masalah ketenagkerjaan, dimana masalah pengangguran juga termasuk di dalamnya, pihaknya menyebutkan, dengan indek isu kependudukan, masalah yang masuk pada mobilitas masyarakat ini juga menawarkan solusi untuk mengatasinya. 

Selain itu, dari studi isu kependudukan itu juga didapat studi cara untuk mengatasi persoalan stunting yang terjadi di Kabupaten Bekasi. Karena bagaimanapun, angka stunting di Kabupaten Bekasi ditarget dapat turun sekitar 3 persen per tahunnya. 

"Nah studi pokok itu, untuk menurunkan bagimana angka stunting, kita ditargetkan setiap tahun turun 3 persen. Dari mana stunting itu bisa sukses? Ya artinya harus ada sinergitas program dari semua instansi yang memimpin program itu,” jelasnya.

Reporter : Fuad Fauzi

Editor      : Yus Ismail

 

 

Berita Lainnya

Pemkab Bekasi Perbaiki Infrastruktur Jalan di Perbatasan Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Bogor
PEMERINTAHAN   Aug 9, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pj Bupati Bekasi Hadiri Penyerahan Hasil Evaluasi SAKIP dan RB Instansi Pemerintah
PEMERINTAHAN   Aug 9, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
4 Desa di Kecamatan Tambelang Ikuti Penilaian Lomba Kampung Bersih Makin Berani
PEMERINTAHAN   Aug 9, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pj Bupati Bekasi Dorong Kader PKK Aktif dalam Pengentasan Kemiskinan Ekstrem dan Stunting
PEMERINTAHAN   Aug 9, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Segera Berikan Tablet Tambah Darah bagi 124 Ribu Remaja Putri
PEMERINTAHAN   Aug 9, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik