Sabtu, 02 Juli 2022

Antisipasi PMK, Dewan Jabar Apresiasi Langkah Distan Kabupaten Bekasi

SUARA DEWAN   May 20, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 3.626 Kali


id4782_file-20220517-24-w60awt.jpg
ILUSTRASI

CIKARANG PUSAT – Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Faizal Hafan Farid mengapresiasi langkah dari Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi yang telah mengantisipasi maraknya penyakit mulut dan kaki (PMK) pada hewan ternak sapi dan domba. Langkah antisipasi tersebut dilakukan agar penjualan hewan kurban seperti sapi dan domba aman menjelang Idul Adha 1443 Hijriah.

“Saya telah berkomunikasi dengan Dinas Pertanian di Kabupaten Bekasi, mereka telah melakukan antisipasi kelapangan dan hasilnya belum ditemukan adanya penyakit PMK pada hewan ternak untuk kebutuhan kurban di Kabupaten Bekasi,” ujar Faizal, Jumat (20/05/2022).

Anggota Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat itu mengatakan saat ini tengah terjadi penyebaran penyakit PMK pada hewan ternak domba dan sapi. Penyakit ternak tersebut ditemukan dibeberapa wilayah Jawa Barat, seperti Garut yang menjadi wilayah penyuplai hewan ternak untuk kebutuhan qurban.

“Dari informasi yang kami dapat, jumlah hewan ternak yang terpapar PMK mencapai 517 ekor di Kabupaten Garut. Nah langkah antisipasi harus dilakukan wilayah lainnya di Jawa Barat agar penyebaran penyakit ternak ini tidak ke wilayah lain, apalagi mau Idul Adha,” ujarnya. 

Anggota dewan yang biasa disapa Bang Haji Faizal (BHF) menegaskan akan mendorong agar pemerintah Provinsi Jabar memberikan bantuannya kepada kabupaten dan kota lainnya, terutama agar ketersediaan hewan kurban seperti domba dan sapi sehat. Sehingga tidak ada kekhawatiran masyarakat yang ingin membeli hewan qurban terbebas dari penyakit berbahaya.

“Harus ambil langkah cepat, misalnya provinsi memberikan bantuan seperti cara penanganan antisipasinya. Dan daerah kabupaten dan kota di Jabar juga sigap melakukan pengecekan langsung ke lapangan, kepara penjual dan peternak,” tambahnya. (*)

REPORTER: FUAD FAUZI

EDITOR: TATA JAELANI

 

Berita Lainnya

BN Holik Qodratullah Sambut Baik Rencana IDI Kabupaten Bekasi Audiensi ke DPRD
SUARA DEWAN   Jun 29, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Ketua DPRD Dukung Penuh Program Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT)
SUARA DEWAN   Jun 24, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Komisi III Sidak Langsung ke TPA Burangkeng
SUARA DEWAN   Jun 8, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pansus VI DPRD Jabar Dukung LSD Kabupaten Bekasi 35 Ribu Ha
SUARA DEWAN   May 30, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Ayub Rohadi Dorong Penambahan Mobil Unit Pelayanan Disdukcapil
SUARA DEWAN   May 27, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik