Rabu, 01 Desember 2021

Antisipasi Bencana Banjir, Baznas Siapkan Logistik dan Relawan

SOSIAL   Nov 12, 2021  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 118 Kali


id3642_IMG_20211112_191017.jpg


CIKARANG PUSAT - Antisipasi terjadinya banjir di musim hujan tahun ini, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bekasi menyiapkan bantuan logistik dan tim relawan yang siap diterjunkan di daerah bencana.

"Awal November lalu, kami sudah mengirimkan tim relawan Baznas Tanggap Bencana (BTB) yang mengikuti pelatihan Water Rescue di Cibubur bersama Baznas RI," kata Ketua Baznas Kabupaten Bekasi, Abdul Azis, Jumat (12/11/21).

Baznas Kabupaten Bekasi juga mendidik dan melakukan pembinaan para relawan di daerah rawan banjir, yang bekerjasama dengan BPBD Kabupaten Bekasi dan BTB Jawa Barat.

"Jadi ketika bencana datang, mudah-mudahan mereka sudah siap melakukan penanggulangan untuk membantu masyarakat. Mereka dilatih tentang manajemen kebencanaan termasuk juga dalam menghadapi banjir," ungkapnya.

Sejauh ini, kata Azis, pihaknya juga terus berkoordinasi dengan para camat yang daerahnya rawan banjir dalam persiapan menghadapi terjadinya kondisi kebencanaan.

"Kami juga mempersiapkan segala sesuatunya seperti sembako, kita siapkan untuk mengantisipasi bilamana terjadi bencana banjir," terangnya.

Selain itu, Baznas memiliki relawan binaan dari kaum ibu yang tergabung dalam kelompok Bank Sampah yang siap digerakkan pada saat terjadi banjir.

"Jadi kelompok ini berada di perumahan yang rawan banjir, bila mana terjadi banjir, mereka sudah otomatis menjadi relawan membuat dapur umum, jadi akan memudahkan Baznas dalam menyalurkan bantuan ke warga terdampak banjir," ujarnya.

Baznas Kabupaten Bekasi juga memiliki binaan teknisi AC yang tersebar di 23 kecamatan yang otomatis bisa menjadi relawan ketika terjadi bencana.

"Kami sudah melatih, membina dan mendidik para pemuda di Kabupaten Bekasi untuk menjadi teknisi AC, dan sekaligus membina terkait manajemen kebencanaan, sehingga apabila terjadi bencana, mereka sudah otomatis menjadi relawan Baznas yang siap membantu masyarakat," jelasnya.

Reporter : Soni Suganda

Editor      : Yus Ismail

Berita Lainnya

Cegah Stunting, Pendamping Posyandu Cibarusah Salurkan Bantuan Susu
SOSIAL   Nov 23, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Plt Bupati Akhmad Marjuki Beri Bantuan Kursi Roda dan Bagikan Sembako
SOSIAL   Nov 22, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Dinas Sosial Salurkan 250 Paket Sembako untuk Anak Korban Covid-19
SOSIAL   Nov 22, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Panen Sawi, Muspika Sukatani Bagikan Sayur ke Masyarakat
SOSIAL   Nov 21, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Puskesmas Cikarang Utara Siapkan Welcome Drink Teh Telang untuk Pengunjung
SOSIAL   Nov 18, 2021   Posted by: Newsroom Diskominfosantik