Senin, 30 Januari 2023

Antisipasi Banjir, Dani Ramdan Minta Warga Siaga Ketika Hujan Lebih dari Satu Jam

PEMERINTAHAN   Dec 6, 2022  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 389 Kali


id6323_Compress_20221206_093525_5648.jpg
Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan meninjau warga yang terdampak banjir di Desa Bojongsari Kecamatan Kedungwaringin pada Senin (5/12/22).

KEDUNGWARINGIN - Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan meninjau serta memberi bantuan kepada warga yang terdampak banjir di Desa Bojongsari Kecamatan Kedungwaringin pada Senin (5/12/22). 

Dani Ramdan mengatakan, dari beberapa hari kemarin di Kabupaten Bekasi ada beberapa titik banjir yang sebagian di antaranya sudah surut. 

"Nah yang tergenang seperti ini masyarakatnya bisa mengungsi dan sudah mendirikan tenda-tenda serta sudah di bentuk pos pelayanan kesehatan, jadi yang sakit nanti langsung bisa berobat secara gratis," terangnya. 

Dani mengatakan, Pemkab Bekasi melalui Dinas Sosial dan BPBD sudah memberikan bantuan berupa obat-obatan serta makanan dan minuman kepada warga yang terdampak banjir. 

"Yang terkena dampak banjir sebanyak 95 Kartu Keluarga (KK) dan 305 jiwa," katanya. 

Dani menjelaskan, dari pemerintah daerah sudah menyiapkan tempat pengungsian di lokasi yang lebih tinggi. Termasuk kegiatan sekola tetap berjalan walaupun di halaman rumah. 

"Ya tadi sudah kita lihat bersama-sama sudah ada yang berdiri tempat pengungsian serta tadi sekolah pun tetap berjalan, karena sekolah sedang melaksanakan ujian," katanya. 

Pj Bupati Bekasi sudah memberikan instruksi melalui camat, kepala desa dan lurah, agar masyarakat di daerah rawan banjir siaga dan tidak tidur terlalu lelap jika hujan berlangsung lebih satu jam. 

"Jadi mereka sudah mengetahui jalur evakuasi dan mencari lokasi yang aman. Tidak menunggu air datang. Terutama untuk kelompok usia rentan, anak-anak serta difabel itu harus di dahulukan untuk evakuasinya," ungkapnya.

Dani mengatakan, solusi penanganan banjir Sungai Cibeet adalah dengan membangun bendungan di bagian hulu seperti di wilayah Kabupaten Bogor. 

"Dengan adanya bendungan, ketika ada air besar bisa dibendung dan ketika saat surut dirilis sedikit-sedikit. Pemerintah sudah merencanakan pembuatan bendungan di Sungai Cibeet di Kabupaten Bogor. Tetapi tertunda di tahun kemarin. Insya Allah tahun ini akan diajukan lagi serta 2024 akan direalisasikan," terangnya. 

Reporter : Andre M Jafar

Editor      : Yus Ismail

 

Berita Lainnya

Resolusi Penanganan Sampah Ala Dani Ramdan, Dari Strategi Hingga Datangkan Nilai Ekonomi
PEMERINTAHAN   Jan 29, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pj Bupati Bekasi Dampingi Wagub Jabar Hadiri Syukuran Nelayan 6 Muara
PEMERINTAHAN   Jan 29, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Muskab Korpri, Pj. Bupati Bekasi Tekankan Profesionalitas Pegawai
PEMERINTAHAN   Jan 28, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Dukung Jababeka Bangun KEK Pendidikan dan Teknologi
PEMERINTAHAN   Jan 27, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Hadir di Podcast Makin Berani, Dani Ramdan Ungkap Over Target PAD dan Naiknya Serapan Anggaran
PEMERINTAHAN   Jan 27, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik