Kamis, 25 Juli 2024

7 Desa dan 2 Kelurahan Siap Ikuti STQ Tingkat Kecamatan Babelan

PENDIDIKAN   Jun 8, 2023  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 549 Kali


id7399_Compress_20230608_201116_6269.jpg
Ketua pelaksana STQ Kecamatan Babelan, Beny Yusnandar

BABELAN - Kecamatan Babelan akan mengadakan kegiatan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke-5 yang akan dilaksanakan pada 15 Juni 2023. Kegiatan itu diikuti oleh kafilah dari 7 desa dan 2 kelurahan. 

Ketua pelaksana STQ Kecamatan Babelan, Beny Yusnandar yang juga Sekretaris Camat (Sekcam) Babelan mengatakan, STQ ke-5 tahun 2023 akan menghadirkan lima cabang perlombaan ditambah lomba Pawai Ta'aruf. 

"Ya, ada lima cabang perlombaan STQ yaitu tilawah anak usia 7-12 tahun, tilawah remaja usia 13-18 tahun, untuk cabang Musabaqah Hifdzil Qur'an yaitu 1 juz dan tilawah putra/putri usia maksimal 15 tahun, 5 juz dan tilawah putra/putri usia maksimal 20 tahun, 10 juz putra/putri maksimal usia 22 tahun dan pawai Ta'aruf," terang Beny Yusnandar saat ditemui di kantornya, pada Kamis (08/06/2023). 

Beny menjelaskan, pihaknya akan berkoordinasi dengan desa/kelurahan dan juga Polsek dan Koramil Babelan untuk membantu mengamankan kelancaran arus lalu lintas, terutama saat perlombaan Pawai Ta'aruf. 

"Untuk pelaksanaan pawai Ta'aruf rencananya akan dilaksanakan pagi hari sekitar jam 07:30 WIB dan start awalnya dari lapangan parkir Desa Babelan Kota sampai finish di halaman Kantor Kecamatan Babelan," ucapnya. 

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Babelan, Agus Salim menyampaikan, pendaftaran lomba STQ dibuka di Kantor KUA Kecamatan Babelan, dari 06 -13 juni 2023 dari jam 09.00 - 15:00 WIB. 

Agus menyebutkan, peserta STQ dibatasi hanya dari wilayah Kecamatan Babelan dan tidak boleh dari luar, dengan melampirkan Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau surat domisili. 

"Untuk desa/kelurahan boleh mengirimkan pesertanya maksimal 10 orang dan hanya ada 5 cabang, jadi setiap cabang yang di perlombakan hanya 1 putra dan putri," ucapnya. 

Agus mengimbau kepada peserta yang akan ikut lomba STQ tingkat Kecamatan Babelan supaya di persiapkan dengan matang dan percaya diri dalam mengikuti lomba. 

"Agar dipersiapkan dari sekarang karena memang waktu kita sudah mepet dan insyaallah kalau peserta biasanya mengambil dari rumah tahfidz al-Qur'an dan pondok pesantren," katanya. 

Agus menambahkan, peserta STQ yang menjadi juara akan direkomendasi dan diseleksi lagi untuk tampil di tingkat kabupaten. 

"Peserta yang nanti juara bisa kita rekomendasi ke tingkat kabupaten yang kita ambil dari juara 1,2,3 dan kita akan seleksi dan dibina lagi supaya bisa mewakili dari Kecamatan Babelan," tandasnya.

Reporter : M. Reza

Editor      : Yus Ismail

 

Berita Lainnya

MUI bersama Pemkab Bekasi Buka Pendidikan Kader Ulama Jilid II Konsentrasi Ahli Hadits Berbasis IT
PENDIDIKAN   Jul 24, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Didik Generasi Berahlak Mulia, Dani Ramdan Sampaikan Terimakasih kepada Guru Agama
PENDIDIKAN   Jul 18, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Pemkab Bekasi Umumkan 2.068 Orang Daftar Beasiswa Bantuan Pendidikan Pintar
PENDIDIKAN   Jul 6, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Kesbangpol Berikan Penghargaan Sekolah Juara LKBB ke-23
PENDIDIKAN   Jul 3, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Bantuan Pendidikan Pintar, Nawawi Al-Aksi Apresiasi Pemkab Bekasi Dorong Pemuda Raih Gelar Sarjana
PENDIDIKAN   Jul 2, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik