Menjaga Budaya untuk terus tumbuh di tengah belantara budaya dunia perlu tantangan tersendiri
Presiden Jokowi pada Kongres Kebudayaan Indonesia

Menjaga Budaya untuk terus tumbuh di tengah belantara budaya dunia perlu tantangan tersendiri


bekasikab.go.id
Presiden Jokowi di acara Kongres Kebudayaan Indonesia

Pemerintah bersama dengan berbagai pemangku kepentingan bidang kebudayaan telah berhasil menyusun strategi kebudayaan nasional. Dokumen rumusan #StrategiKebudayaan Nasional telah diterima oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), pada Kongres Kebudayaan Indonesia (KKI) Tahun 2018 (9/12).

Strategi kebudayaan mengusung visi besar #IndonesiaBahagia disusun dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan, melalui berbagai diskusi yang panjang dan intens, serta memerhatikan Trisakti; yakni asas berdaulat dalam politik, mandiri dalam ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan.

Presiden Joko Widodo meyakini bahwa bangsa Indonesia memiliki kekhasan sendiri dibanding bangsa-bangsa lain. Menurutnya, kebudayaan dan ilmu pengetahuan serta peradaban bangsa Indonesia lahir dari pengalaman panjang melalui perkembangan zaman.

Namun, menjaga budaya untuk terus tumbuh di tengah interaksi belantara budaya-budaya dunia menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia.

Untuk menghadapi kompleksitas lalu lintas budaya yang berpotensi menimbulkan gesekan, Presiden mengimbau agar semua masyarakat untuk teguh menjaga peradaban Indonesia, sekaligus keterbukaan untuk berinteraksi. Presiden mengungkapkan, bahwa inti dari kebudayaan adalah kegembiraan.  

Tag:    nasional  |  


BERITA TERKAIT

Bermedsos ASN

TULIS KOMENTAR

Top