DPPKB optimis target 115.700 akseptor baru KB tercapai

DPPKB optimis target 115.700 akseptor baru KB tercapai


bekasikab.go.id
Mobil Pelayanan KB siap masuk kampung demi pelayanan keluarga berencana

DPPKB Kabupaten Bekasi optimis, target 115.700 akseptor baru tercapai

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Bekasi, optimis target 115.700 akseptor baru Keluarga Berencana di Kabupaten Bekasi bakal tercapai. Pasalnya, hingga Oktober 2018 lalu, target itu sudah mencapai 77,60 persen atau 89.784 akseptor baru.

Menurut Kepala Bidang Keluarga Berencana pada DPPKB Kabupaten Bekasi, Roni FLR, SH, MM, kontrasepsi yang paling banyak diminati masyarakat sejak dulu sampai saat ini tetap adalah kontrasepsi suntik, sekitar 40,61 persen, kemudian Pil KB 22,90 persen dan implan 4,57 persen (data per Oktober 2018).

Dalam kaitan upaya pencapaian target akseptor baru KB 2018 sebesar 115.700 orang tersebut, pihak DPPKB disebutkan Roni melakukan berbagai kegiatan, antaranya melalui Bhakti Ikatan Bidan Indonesia, memberikan jaminan pelayanan kepada peserta KB MOP (Medis Operasi Pria)  dan MOW (Medis Operasi Wanita).

Selain itu, lanjut Roni, juga melalui kegiatan TNI Manunggal KB Kes ABRI, Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan, serta ketersedian akan alat kontrasepsi.

Dan yang tak kalah penting, yang saat ini tengah digagas DPPKB adalah pembangunan Kampung KB, dimana Bidang Keluarga Berencana juga melaksanakan pelayanan Keluarga Berencana di enam Kampung KB yang saat ini sudah dibangun di Kabupaten Bekasi.

Terkait Kampung KB, ujar Kepala DPPKB Kabupaten Bekasi, secara bertahap DPPKB bersama Perangkat Daerah (PD) terkait akan terus membangun Kampung KB, hingga di 2022 nanti di semua kecamatan di Kabupaten Bekasi masing-masing sudah memiliki Kampung KB.

Tag:    daerah  |  


BERITA TERKAIT

Bermedsos ASN

TULIS KOMENTAR

Top