Sambut Bonus Demografi dengan SDM yang mumpuni
Kepala DPPKB Kabupaten Bekasi, H. Encep S. Jaya

Sambut Bonus Demografi dengan SDM yang mumpuni


bekasikab.go.id
Kepala DPPKB Kabupaten Bekasi, H. Encep S. Jaya

Indonesia akan mendapatkan bonus demografi pada 2020-2025 mendatang, Dengan kondisi ini, berarti jumlah penduduk produktif (15-64 tahun) lebih banyak dari jumlah penduduk tidak produktif (di bawah usia 15 tahun dan di atas usia 65 tahun).

Menurut data BKKBN, penduduk usia produktif akan mencapai 70 % atau sekitar 180 juta orang, sedangkan penduduk tidak produktif sebanyak 30% atau sekitar 60 juta orang.

Kepala Dinas Pengelolaan Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Bekasi, Drs H. Encep S. Jaya, mengatakan, Fenomena bonus demografi tentu saja sangat menguntungkan karena jumlah Sumber Daya Manusia (SDM) aktif yang dimiliki sangat besar.

Namun, jika tidak dipersiapkan dengan baik, penduduk produktif ini justru akan membawa bencana seperti pengangguran dan kemiskinan bahkan kriminal.

Pemerintah Kabupaten Bekasi, ujar Encep,  perlu mempersiapkan banyak hal untuk menyambut anugerah bonus demografi, mulai dari pendidikan, kesehatan, inovasi, investasi, kependudukan dan cinta tanah air.   

Untuk menghasilkan SDM yang berkualitas, Pemerintah Kabupaten Bekasi, sebut Encep,  harus mempersiapkan SDM-SDM yang juga perlu dibekali pelatihan-pelatihan seperti ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), bahasa internasional, softskillatau pun kemampuan khusus yang mumpuni di bidangnya.

 

Di sisi lain, Selain berkualitas, penduduk juga harus sehat agar kemampuan yang dimiliki bisa terpakai dengan baik. Jika bangsa ini sehat, tentu pekerjaan-pekerjaan yang dihasilkan juga sehat.

Jika sudah memiliki SDM yang berkualitas dan juga sehat, tentu mereka siap dipakai. Tetapi, jika tidak ada sarana untuk bekerja, mereka juga bisa menjadi beban negara. Nah, inovasi perlu dilakukan baik pemerintah maupun masyarakat. Pemerintah harus berinovasi menciptakan lapangan pekerjaan bagi SDM-SDM yang berkualitas tadi. Atau, pemerintah mendorong para SDM untuk membuat lapangan kerja sendiri seperti wirausaha dengan bantuan modal dari pemerintah.

Dengan demikian, 70 % penduduk usia produktif pada tahun 2020-2030 nanti, bisa menghasilkan sesuatu untuk pembangunan dan kemajuan bangsa.  

Jasi, Encep mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menyambut bonus demografi dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni. (august suzana)

Tag:    daerah  |  


BERITA TERKAIT

Bermedsos ASN

TULIS KOMENTAR

Top