Kades Bisa Minta Bantuan Dana Bencana ke Pemprov Jabar

Kades Bisa Minta Bantuan Dana Bencana ke Pemprov Jabar


bekasikab.go.id
Ilustrasi

 
 
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, kepala desa bisa mengajukan bantuan anggaran pembangunan apabila infrastruktur di desanya rusak akibat dilanda bencana. Pria yang akrab disapa Emil itu pun menyebut syarat pengajuan bantuan cukup mudah. 
 
Emil mengatakan, Pemprov Jabar menyiapkan anggaran penanganan bencana mencapai Rp 50 miliar. "Biaya bencana kita siapkan Rp 50 miliar, tiap tahun ada, saya transparansikan 50 miliar itu hasil hitungan setiap tahun," kata Emil. 
 
Menurut Emil, aparat kewilayahan khususnya kepala desa maupun lurah bisa memanfaatkan anggaran tersebut untuk memperbaiki infrastruktur, seperti jalan, jembatan, bangunan yang terdampak longsor dan lain-lain.
 
"Bagi kepala desa atau lurah yang ingin mengajukan dana bantuan koordinasi dengan daerah, bisa mengajukan ke provinsi lewat Sekda, cukup mengirim selembar surat saja, nanti segera diverifikasi dan diperbaiki kalau ada jembatan putus dan lain-lain, rumah longsor, kena banjir, harus diperbaiki," tuturnya.
 
Gubernur menyatakan, tidak ada batasan pengajuan anggaran untuk bencana selama sesuai dengan kebutuhan. "Yang penting masuk akal dan merata dan harus cukup sampai akhir Desember," ujarnya. (yudhistira) 

Tag:    daerah  |  


BERITA TERKAIT

Bermedsos ASN

TULIS KOMENTAR

Top