PEMDA AGAR MEMBUAT PERDA DISABILITAS

PEMDA AGAR MEMBUAT PERDA DISABILITAS


bekasikab.go.id


 

Pemerintah Daerah diharapkan Kementerian Sosial menerbitkan Peraturan Daerah (Perda) Disabilitas. Perda tersebut nantinya akan menjadi payung hukum.

 

Disabilitas merupakan sebuah keterbatasan fisik yang dialami oleh manusia atau yang lebih dikenal dengan istilah penyandang catat.

Untuk memberikan perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas, Kementerian Sosial mendorong agar pemerintah daerah segera menerbitkan Peraturan Daerah (Perda) Disabilitas. Perda tersebut nantinya akan menjadi payung hukum.

Perda disabilitas tersebut menjadi payung hukum pemenuhan dan perlindungan hak penyandang disabilitas di tingkat daerah. Harapannya, para penyandang disabilitas dapat lebih mandiri dan sejahtera melalui pengakuan, penghormatan, serta jaminan perlindungan dan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas. {fatahdina)

 

Sejak diundangkannya UU nomor 8 tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas, hingga kini, sesuai catatan di Kemensos baru delapan provinsi yang sudah memiliki Perda Disabilitas.

Kedelapan provinsi tersebut yakni Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, dan Bali.

Namun demikian, pihak Kementerian Sosial berharap  penyusunan perda harus berdasarkan keperluan kaum difabel di daerah masing-masing. Oleh karena itu perlu pelibatan penyandang disabilitas dalam penyusunan Perdanya.Intinya bagaimana kemudian aksesibilitas para penyandang disabilitas terjamin oleh undang-undang.{farahdina)

 

Tag:    daerah  |  


BERITA TERKAIT

Bermedsos ASN

TULIS KOMENTAR

Top