Disdik Kabupaten Bekasi kembangkan pendidikan karakter melalui kesenian

Disdik Kabupaten Bekasi kembangkan pendidikan karakter melalui kesenian


 

PENDIDIKAN karakter peserta didik di sekolah bisa dilakukan melalui kesenian. Sekolah saat ini sepi kesenian. Kesediaan pendidikan karakter melalui kesenian perlu dikembalikan.

 

“Ini yang ingin kita kembangkan di sekolah-sekolah, membangun pendidikan karakter melalui kesenian,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi, Drs MA. Supratman.

 

Pejabat yang juga photographer handal tersebut, memaparkan, salah satu indikator sekolah-sekolah minim pendidikan kesenian karena keterbatasan jumlah guru kesenian. Karena proses untuk menjadi guru kesenian yang tidak mudah.

 

Setelah lulus sarjana di institut seni, tegas lelaki berkacamata yang pernah menjabat Camat Cikarang Barat, Kepala Bagian Humas dan Sekretaris Diskominfo ini, tidak serta merta bisa langsung mengajar, karena  masih membutuhkan dua tahun untuk mendapatkan akta mengajar.

 

“ Keadaan ini (masih) membuat upaya untuk meningkatkan pendidikan kesenian menjadi terbatas," aku Supratman.

 

Karenanya, dirinya mengapresiasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang akan meringkas aturan-aturan yang terlalu kompleks terkait pengadaan tenaga pendidikan kesenian, supaya menjadi lebih mudah, misalnya menggunakan model sertifikasi.

“Itu langkah positif yang harus diapresiasi, karena  calon tenaga pengajar bisa memberikan pelatihan dan pelajaran kesenian walaupun latar belakangnya bukan berasal dari pendidikan seni,” terang Supratman.

Belum adanya fasilitas yang disediakan sekolah untuk peserta didiknya berkesenian, ujar Supratman, bisa memanfaatkan tempat publik, seperti taman dan sebagainya.

 

Hal yang juga perlu dipertimbangkan, lanjut Supratman, adalah, apakah pendidikan karakter peserta didik di sekolah melalui kesenian perlu diaplikasikan terutama sebagai kegiatan ekstrakurikuler atau kokurikuler,  karena masih memerlukan riset lanjut guna mengetahui kaitan antara kesenian dan mata pelajaran lain.

Tag:    daerah  |  


BERITA TERKAIT

Bermedsos ASN

TULIS KOMENTAR

Top