Jumat, 19 April 2024

Informasi online Bappeda lewat Play Store

JAWA BARAT   Oct 30, 2018  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 7.719 Kali


15Sekdin BApeeda - iis.jpg


CIKARANG – Sekertaris Dinas Bappeda Kabupaten Bekasi, Iis Sandra Yanti mengungkapkan, sedang menyiapkan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) online hasil penyempurnaan.

“Bappeda Kabupaten Bekasi tengah melakukan pembenahan dan penataan mekanisme pada penyusunan, perencanaan, penganggaran, pengendalian monitoring dan evaluasi dalam pembangunan daerah. Perubahan itu diwujudkan dalam RKPD online. Ada banyak perubahan dalam aplikasi tersebut,” katanya.

Secara umum kata wanita cantik ini, perubahan tersebut lebih memudahkan perangkat daerah serta masyarakat dalam menganggarkan dan memonitoring rencana kerja.

“Proses perubahan dari yang belum ada menjadi ada. Dari yang belum baik menjadi lebih baik,” katanya.

Aplikasi RKPD online yang baru akan terintegrasi dengan Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) sehingga ketika menginput program rencana kerja melalui RKPD online akan secara otomatis masuk ke dalam SIMDA.

“Jadi tidak perlu dua kali menginput. Ini menjadi lebih mudah karena sudah terintegrasi,” katanya.

Kabupaten Bekasi sudah menggunakan RKPD online sejak 2013 lalu, namun di tahun ini aplikasi yang bisa diunduh di play store tersebut sudah diubah ke arah penyempurnaan.

“Setiap tahun RKPD mengalami perkembangan. Perkembangan yang dalam artian sesuai kebutuhan untuk ke arah penyempurnaan. Karena aplikasi dibuat sesuai dengan peraturan yang ada dan disesuaikan dengan kebutuhan,” katanya.

Di RKPD online yang baru nanti ada empat pintu, yakni penganggaran, pengendalian, monitoring, dan evaluasi hasil.

“Kalau sebelumnya hanya satu pintu. Jadi masyarakat juga bisa melihat langsung hasilnya melalui aplikasi. Evaluasi bukan hanya pada hasil, tapi juga pada perencanaannya,” katanya.

Untuk evaluasi bukan hanya untuk melihat hasil tapi juga perencanaan namun untuk evaluasi ekspos yang akan muncul ialah outcome.

“Evaluasi outcome ialah hasilnya bukan fisiknya. Kalau fisik hanya sampai output. Misalnya bangun sekolah sudah selesai. Tapi kalau soal fungsi dari bangunan sekolah itu hasilnya di evaluasi ekspos,” katanya.

Ada banyak fitur baru di RKPD online yang akan dilaunching dalam waktu dekat ini di antaranya titik koordinat saat mengusulkan perbaikan jalan rusak, terintegrasi dengan SIMDA dan kemudahan dalam mengecek hasil serta perencanaan.

Kalau selama ini mengusulkan perbaikan jalan rusak hanya nama jalan atau lokasinya saja, nanti bisa ketahuan dengan adanya fitur titik koordinat, ujarnya.

Hal itu memudahkan perangkat daerah juga ketika ada usulan dari masyarakat seperti usulan perbaikan jalan rusak. Jadi pengguna aplikasi ini mulai dari masyarakat, pemerintah desa, Kecamatan, DPRD hingga OPD. Aplikasi ini memudahkan.

Berita Lainnya

BMKG Imbau Masyarakat Jawa Barat Waspada Potensi Cuaca Ekstrem pada 18-24 April 2024
JAWA BARAT   Apr 18, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Dani Ramdan Pimpin Upacara Peringatan HUT ke-105 Pemadam Kebakaran Tingkat Jawa Barat
JAWA BARAT   Mar 6, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Stok Beras Jabar Aman
JAWA BARAT   Nov 8, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
PWNU Jabar Apresiasi PCNU Kabupaten Bekasi Kembangkan Pendidikan dan Koperasi
JAWA BARAT   Oct 18, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Dorong Wajib Belajar 12 Tahun, Bey Machmudin Pastikan SMA/SMK Negeri di Kabupaten Bekasi Gratis
JAWA BARAT   Oct 6, 2023   Posted by: Newsroom Diskominfosantik