Genjot PAD, UPTD PBB buka pelayanan keliling

Genjot PAD, UPTD PBB buka pelayanan keliling


Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di Kabupaten Bekasi menjadi salah satu andalan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Untuk itu, kinerja karyawan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Bekasi memang perlu lebih maksimal dalam menggenjot pemasukan PBB.
 
Unit Pelaksana Teknis (UPT) Wilayah II Bapenda Kabupaten Bekasi, Yudhi Aldrian, S. Stp, punya cara sendiri untuk mengenjot  penerimaan PBB di wilayah tugasnya.
 
Salah satunya dengan melakukan Pelling (Pelayanan Keliling) ke wilayah-wilayah tugasnya, baik di kawasan perumahan maupun kawasan pertokoan.
 
“Pada hari Sabtu atau Minggu,  kita turun ke lokasi Pelling dengan didampingi unsur dari Bank BJB. Di lokasi Pelling itulah masyarakat  bisa langsung ,membayar PBB  melalui teller BJB yang ikut hadir,” ujar Urip,  salah seorang karyawan UPT PBB wilayah III.
 
Uujtuk bisa menjaring masyarakat agar hadihadir di lokasi. pihak UPT menginformasikan melslui group whatsapp yang di dalamnya ada para pengelola kawasan dan para pengurus RW.
 
“Jadi sebelum kita laksanakan Pelling, kita sebarkan pengumuman melalui whatsapp.  Merek yang masuk dalam group whatssapp kemudian menyebarluaskan informasi tersebut ke masyarakat luas,”  papar Urip 
 
Pelayanan keliling menurut karyawan UPT III lainnya, Iim Dj, selama ini cukup mumpumi dalam menjaring masyarakat yang akan membayar  PBB. Kadang sekali Pelling bisa terjaring PBB lebih dari Rp 200 jutaj.
 
Pelling dilakukan pihaknya, ujar Yudhi, sebagai bentuk layanan jemput bola, karena para wajib pajak PBB memang biasanya hanya punya waktu pada hari-hari libur.
 
Selain dengan cara pelayanan keliling,  para karyawan UPTD Bapenda Wilayah II yang meliputi Kecamatan  ,  juga rutin mendatangi rumah para wajib pajak PB
 
Potensi PBB-P2 (Perdesaan dan Perkotaan) di UPTD Wilayah II, sebut Yudhi,  tahun ini mencapai Rp 33 Milyar.  Tahun 2017 lalu, UPTD Wilayah II berhasil mencapai penerimaan PBB lebih dari Rp 24 Milyar. (august)
 

Tag:    daerah  |  


BERITA TERKAIT

Bermedsos ASN

TULIS KOMENTAR

Top