PEMKAB SIAPKAN RP 900 JUTA UNTUK BANTUAN HUKUM RAKYAT MISKIN

PEMKAB SIAPKAN RP 900 JUTA UNTUK BANTUAN HUKUM RAKYAT MISKIN


bekasikab.go.id
Kepala Bagian Hukum Pemkab Bekasi, Alex Saudy, SH

CIKARANG-Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Bagian Hukum menganggarkan dana sebesar Rp 900 juta lewat APBD 2018 untuk bantuan hukum rakyat miskin.

Kepala Bagian Hukum, Alex Satudi, SH, kepada bekasikab.go.id memaparkan, masyarakat miskin yang terjerat kasus hukum selama ini banyak yang kurang faham dalam mengahadapi kasus yang membelitnya. Di sisi lain, mereka tidak punya dana untuk memakai jasa bantuan hukum melalui pengacara.

Untuk itulah, Pemkab Bekasi kembali menganggarkan dana bagi bantuan hukum rakyat miskin.  Jika di 2018 bantuan hukum rakyat miskin dianggarkan Rp 700 juta, di 2018 ini dianggarkan Rp 900 juta.

Di 2017, disebutkan Alex, dari Rp 700 juta anggaran yang disiapkan, hanya terserap Rp 450 juta untuk menangani 90 perkara.

Untuk satu perkara sampai inkrah (sampai memiliki kekuatan hukum tetap) anggarannya sebesar Rp 5 juta.

“Di kabupaten lain memang ada yang sudah menganggarkan Rp 10 juta untuk satu perkara. Tetapi kita masih Rp 5 juta karena bantuan hukum gratis ini masih terus disosialisaikan,
“ ujar Alex.

Sementara itu dari 90 kasus atu perkara yang ditangani selama 2017, menurut Alex, 70 persennya merupakan kasus perdata, termasuk kasus perceraian. (agus suzana)

Tag:    daerah  |  


BERITA TERKAIT

Bermedsos ASN

TULIS KOMENTAR

Top