Sabtu, 20 April 2024

PARI Kabupaten Bekasi Adakan Webinar Teknologi AI untuk Deteksi Covid-19

COVID - 19   Oct 3, 2021  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 2.628 Kali


50WhatsApp Image 2021-10-03 at 09.13.53.jpeg


CIKARANG PUSAT – Perhimpunan Radiografer Indonesia Indonesia (PARI) Cabang Kabupaten Bekasi, mengadakan webinar implementasi artificial intelligence (AI) dalam pemeriksan CT Scan Thorax pada klinis Covid-19 di Ruang Command Centre (CC) Diskominfosantik Kabupaten Bekasi, pada Minggu (3/10/2021).

Menurut Ketua Panitia Webinar, Yusron Adi Utomo kegiatan tersebut adalah sarana untuk memfasilitasi sejawat Radiografer dalam menambah wawasan dan meningkatkan keilmuan terkini terkait peranan artificial intelligence (AI) dalam bidang Radiologi.

“AI dapat berperan dalam proses identifikasi pasien yang diduga terpapar Covid-19, menggunakan hasil CT-Scan dan X-ray. Salah satu objek yang ditinjau adalah ground glass opacity (GGO), yaitu berupa selaput lendir yang terbentuk pada paru-paru pasien yang terdampak Covid-19. GGO ini nantinya dapat divisualisasikan pada citra hasil pengolahan untuk menunjukan lokasi paru-paru yang terdampak termasuk luasnya,”ujarnya kepada bekasikab.go.id.

Untuk itu ia bersama dengan Pengurus Daerah PARI Jawa Barat berusaha untuk meningkatkan kemampuan professional anggotanya meskipun dalam masa pandemi Covid-19.

“ Webinar kali ini diikuti kurang lebih 300 peserta dari seluruh Indonesia bahkan ada juga peserta dari luar negeri, dibuka oleh Ketua PARI Pusat Bapak Sugiyanto  dengan menghadirkan narasumber  dokter spesialis radiologi ,”tambahnya.

Ia berharap kegiatan webinar ini membawa dampak positif bagi Radiografer dan memberikan kontribusi yang berarti bagi dunia kesehatan.

“Semoga ini dapat memberikan manfaat bagi peningkatan profesionalisme anggota serta bagi masyarakat Indonesia pada umumnya,”terangnya. (*)

 

PENULIS: TATA JAELANI

EDITOR: TATA JAELANI

 

Berita Lainnya

Kemenag, PCNU dan Polres Metro Bekasi, Kolaborasi Wujudkan Program 1 Juta Vaksin
COVID - 19   Apr 22, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Puskesmas Babelan 1 Genjot Vaksinasi Booster Selama Ramadan
COVID - 19   Apr 21, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Muspika Tarumajaya Sasar Penerima BLT yang Belum Mengikuti Vaksinasi
COVID - 19   Apr 18, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Koramil 11/Pebayuran Kawal Percepatan Vaksinasi di Bulan Ramadan
COVID - 19   Apr 13, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Meski Ramadan, Puskesmas Sriamur Layani Setiap Hari Vaksinasi Covid-19
COVID - 19   Apr 11, 2022   Posted by: Newsroom Diskominfosantik