Kamis, 18 April 2024

Disdik Gelar Pelatihan Pendidikan Karakter untuk PAUD dan Sekolah Non Formal

PENDIDIKAN   Sep 21, 2021  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 19.838 Kali


41IMG_20210921_080730.jpg


CIKARANG UTARA – Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi menggelar kegiatan penerapan kurikulum muatan lokal bagi guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Non Formal (PNF) di Hotel Grand Cikarang pada Senin (20/09). Dengan kurikulum muatan lokal, diharapkan dapat membentuk generasi yang cerdas, terampil dan cinta tanah air.

"Semoga lulusannya bukan hanya cakap ijazahnya saja tetapi juga memiliki karakter kuat di kehidupannya yang akan datang,” ujar Kabid PAUD dan PNF Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi, Herlangga.

Dia menjelaskan, Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi menggelar kegiatan pelatihan pendidikan karakter untuk tutor atau guru Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang menyelenggarakan pendidikan non formal. 

Sebanyak 100 tutor atau guru PKBM mengikuti kegiatan pelatihan pendidikan karakter ini. Para tutor dan guru PKBM ini mulai dari guru paket A setara SD, paket B setara SMP dan paket C setara SMA. 

"Nantinya mereka ini menyampaikan pendidikan karakter kepada murid, kalau dalam PKBM itu disebut warga belajar,” katanya. 

Pendidikan karakter ini juga akan menyesuaikan dengan budaya Bekasi dan Nasional. Peserta didik nantinya dapat menunjung tinggi nasionalisme dengan berbasis budaya Bekasi. 

"Nantinya baju seragam pada hari Rabu menggunakan pakaian daerah Kabupaten Bekasi, agar tidak melupakan ciri khas daerah dan menanamkan kepada siswa cinta budaya lokal," katanya.

Tak hanya itu, pada pendidikan karakter ini para tutor juga diberikan pengetahuan mengenai ciri khas budaya dan kuliner Bekasi seperti permainan egrang dan kuliner seperti gabus pucung dan lainnya. “Dan itu akan dilatih karena ada keterampilannya,” tambahnya. 

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Bekasi telah mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 45 tahun 2019, tentang pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah formal dan non maupun formal.

Reporter : Fuad Fauzi

Editor.    : Yus Ismail

Berita Lainnya

Pemkab Bekasi Luncurkan Program Bantuan Pendidikan Pintar untuk Pemuda Berprestasi
PENDIDIKAN   Apr 1, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Komisi X DPR RI Apresiasi Pemkab Bekasi Tangani dan Cegah Bullying di Sekolah
PENDIDIKAN   Mar 26, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Ratusan Pelajar SD Ikuti Lomba FLS2N Tingkat Kecamatan Cikarang Utara
PENDIDIKAN   Mar 8, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Polsek Cibarusah Gandeng Sekolah Antisipasi Kenakalan Pelajar
PENDIDIKAN   Mar 6, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Tumbuhkan Minat Baca, SMAN 1 Sukakarya Gelar Kegiatan Literasi Dua Kali dalam Sepekan
PENDIDIKAN   Feb 27, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik