Sabtu, 20 April 2024

Dishub Kabupaten Bekasi Luncurkan Tiga Inovasi Layanan Digital

PEMERINTAHAN   Sep 18, 2021  -   Diposting Oleh : Newsroom Diskominfosantik  -  Dibaca : 6.768 Kali


19IMG_20210918_170810.jpg


Hari Perhubungan Nasional 2021

CIKARANG UTARA - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bekasi meluncurkan inovasi digital dengan menyiapkan tiga layanan berbasis online, yakni Uji KIR online, angkutan umum berbasis online dan informasi lalu-lintas melalui media elektronik.

Tiga layanan online itu diluncurkan bersamaan dengan peringatan Hari Perhubungan Nasional tahun 2021 yang dihadiri Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan di Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi, Jl. Raya Industri No. 5 Cikarang Utara, pada Jumat (17/09/21).

Pj Bupati Bekasi mengatakan, seluruh pemanfaatan teknologi digital di bidang transportasi akan terus ditingkatkan untuk mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat.

"Seperti dalam uji kendaraan maupun pelayanan angkutan umum dan informasi lalu lintas. Ini akan terus dipertahankan dan ditingkatkan. Sehingga nanti kedepan semua masyarakat bisa dilayani seluruhnya tanpa harus datang ke Kantor Dishub dan tanpa harus membayar cash,” kata Dani Ramdan.

Pada Uji KIR online yang diterapkan Dishub Kabupaten Bekasi, semua pemilik kendaraan yang melakukan Uji KIR tidak perlu lagi membayar langsung kepada petugas, namun cukup melalui pembayaran secara online

"Uji KIR ini pembayarannya sudah dilaksanakan secara digital, jadi cashless, sudah bisa bayar dari rumah. Datang ke sini ketika pembayaran sudah selesai, tinggal cek fisik," ujarnya.

Selain itu, semua data akan direkap secara digital, sehingga tidak ada data yang tercecer dan Dishub bisa mengecek seluruh kendaraan yang ada di Kabupaten Bekasi.

Ptl Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi, Yana Suyatna mengatakan pihaknya akan menerapkan sistem digitalisasi dalam mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat. 

"Selain Uji KIR dan angkutan umum berbasis online, kita juga melakukan pantauan lalu lintas melalui CCTV di sejumlah titik kemacetan. Nanti langsung terlihat di Traffic Management Center (TMC)," katanya.

Yana menyebutkan, Dishub juga bekerjasama dengan beberapa stasiun radio swasta dalam menyampaikan pantauan arus lalu-lintas (traffic report) di wilayah Kabupaten Bekasi.

"Setiap hari informasi lalu-lintas akan disampaikan melalui stasiun radio, sehingga masyarakat dapat mengetahui info terkini seputar kondisi arus lalu-lintas," ucapnya.

Reporter : Dani Moses/Endar Raziq

Editor.     : Yus Ismail

Berita Lainnya

Gelar Halal Bihalal 1445 H, Camat Bojongmangu Sosialisasi Pelaksanaan MTQ Ke 38-Tingkat Jabar
PEMERINTAHAN   Apr 19, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
LPTQ Kabupaten Bekasi Ajak Para Ulama, Tokoh Masyarakat Semarakkan MTQ Ke-38 Tingkat Provinsi Jawa Barat
PEMERINTAHAN   Apr 19, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Tutup Pembinaan, Sekda Dedy Supriyadi Optimis Qori-Qoriah Raih Prestasi di MTQ ke-38 Tingkat Jabar
PEMERINTAHAN   Apr 19, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Hadapi Musim Kemarau, Kabupaten Bekasi Siapkan Sistem Pompanisasi Sawah Tadah Hujan
PEMERINTAHAN   Apr 19, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik
Kunjungi Bappeda Jabar, Dani Ramdan Tindaklanjuti Rencana Pembangunan Pesisir Utara
PEMERINTAHAN   Apr 19, 2024   Posted by: Newsroom Diskominfosantik